Dark/Light Mode

Wamen BUMN Tinjau Warung Pangan

Stok Migor Kudu Dipastikan Aman, Harganya Rp 14.000

Selasa, 17 Mei 2022 07:30 WIB
Wamen BUMN I Pahala N Mansury saat meninjau salah satu mitra Warung Pangan di Jakarta Timur, Sabtu (14/5). (Foto: Istimewa).
Wamen BUMN I Pahala N Mansury saat meninjau salah satu mitra Warung Pangan di Jakarta Timur, Sabtu (14/5). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Tidak hanya pedagang maupun pengusaha besar, para pengecer atau warung, bahkan Usaha Mikro Kecil (UMK) pun bisa menjadi mitra BUMN dalam pendistribusian minyak goreng,” kata Pahala.

Eks bos Garuda Indonesia ini menyebut, pilot project distribusi minyak goreng terlaksana mulai Sabtu (14/5) secara perdana di titik lokasi Jakarta dan sekitarnya. Dan ditargetkan hingga akhir Mei 2022 nanti, terdistribusi ke 5 ribu titik lokasi pasar tradisional lainnya.

Terdiri dari wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, NTB, Kalimantan dan Sulawesi.

Baca juga : Warga Penjaringan Antre Buat Dapatkan Air Bersih

Diakuinya, isu minyak goreng saat ini tidak hanya kelangkaan pasokan, melainkan upaya stabilisasi harga.

Selain itu, BUMN Pangan ID Food Group juga diharapkan dapat menyiapkan aplikasi platform. Khusus pengembangan dari aplikasi Warung Pangan PPI, yang dikelola untuk memastikan pendistribusian minyak goreng secara online. Serta monitoring keterjangkauan harga minyak goreng Rp 14 ribu per liter sampai ke tingkat konsumen ataupun masyarakat.

Direktur Utama PPI Nina Sulistyowati menegaskan, pihaknya siap menjalankan tugas pendistribusian minyak goreng curah melalui mitra WP.

Baca juga : Ditangkap KPK, Bupati Bogor Ade Yasin Punya Harta Rp 4,1 M, Utangnya Rp 140 Juta

“Saat ini kami terus lakukan improvement terhadap platform Warung Pangan supaya lebih user friendly, dengan fitur-fitur yang disesuaikan,” ucap Nina.

Dengan target 5 ribu titik ini, sambung Nina, akan terus bertambah secara paralel dan bertahap. Terutama dalam pendistribusian minyak goreng.

“Para mitra kami terus diberikan sosialisasi untuk pemenuhan minyak goreng di kios, toko atau warungnya secara online, supaya lebih terkontrol dan tepat sasaran,” pungkasnya.

Baca juga : Sip, Stok Beras Dijamin Aman

Wiwik, salah satu mitra WP yang dikunjungi Wamen BUMN I berterima kasih kepada Pemerintah.

“Saya sangat terbantu sebagai mitra WP sehingga punya stok minyak goreng. Pesan pakai online di aplikasi WP malam hari. Besok pagi sudah diantar berjerigen-jerigen ke warung,” ujar Wiwik.

Bukan hanya pemilik warung yang terbantu, tapi juga masyarakat sekitar. Bahkan, warung milik Wiwik ini dari pagi sampe sore terus berdatangan pembeli minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu per liter.  [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.