Dark/Light Mode

Kemenhub Apresiasi Kebijakan Relaksasi Prokes

Transportasi Siap Bangkit

Kamis, 19 Mei 2022 06:35 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. ( Dok. BKIP Kemenhub).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. ( Dok. BKIP Kemenhub).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyambut baik kebijakan relaksasi protokol kesehatan (prokes) yang disampaikan Presiden Jokowi. Kebijakan ini menjadi titik balik kebangkitan sektor transportasi yang turut berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi menga­takan, keputusan relaksasi yang diambil Pemerintah telah mem­pertimbangkan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali.

Baca juga : BKS: Titik Balik Kebangkitan Sektor Transportasi

Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini memastikan, Kemenhub siap menindaklanjuti kebijakan ini. Caranya dengan menerbitkan Surat Edaran (SE) Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri. Yaitu, SE 54 Tahun 2022 untuk transportasi darat, SE 55 Tahun 2022 untuk transportasi laut, SE 56 Tahun 2022 untuk transportasi udara, dan SE 57 Tahun 2022 untuk transportasi perkeretaapian.

Kemenhub juga menerbitkan SE Juklak Perjalanan Orang Luar Negeri, yaitu SE 58 untuk transportasi udara, SE 59 untuk transportasi laut, SE 60 untuk transportasi darat.

Baca juga : Nico Apresiasi Kerja Sama RI & Korsel Untuk Perkuat Pertahanan

SE Kemenhub tersebut diter­bitkan merujuk pada SE Satgas Covid-19 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Pada Masa Pandemi Covid-19. Yaitu, SE Nomor 18 Tahun 2022 untuk perjalanan dalam negeri dan SE Nomor 19 Tahun 2022 untuk perjalanan luar negeri.

“Surat Edaran tersebut diter­bitkan 18 Mei 2022 dan sudah mulai berlaku,” jelas BKS-sapaan Budi Karya Sumadi.

Baca juga : Berikan Relaksasi, Korlantas Kembli Buka Pelayanan SIM Dan BPKB

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno men­dukung langkah Pemerintah meniadakan tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan yang sudah divaksinasi lengkap.

Djoko menilai, kebijakan ini menjadi angin segar bagi para pelaku perjalanan, khususnya transportasi. Dan bisa men­dorong aktivitas pertumbuhan ekonomi di sektor transportasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.