Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Airlangga Promosikan Global Blended Finance Alliance, Terobosan Baru Strategi Pendanaan SDGs

Rabu, 25 Mei 2022 19:28 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dalam rangkaian acara World Economic Forum di Davos, Swiss. (Foto: Humas Ekon)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dalam rangkaian acara World Economic Forum di Davos, Swiss. (Foto: Humas Ekon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka mempererat kerja sama bilateral serta memperkokoh koordinasi menuju penyelenggaran G20, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri kegiatan dialog bersama yang digelar Tri Hita Karana, sebagai salah satu kegiatan Road to G20 pada Selasa (24/05), di Davos, Swiss.

Dalam kegiatan dialog tersebut, Menko Airlangga menyampaikan adanya peningkatan perekonomian Indonesia, dan komitmen pemerintah untuk terus mendukung dan mendorong pencapaian SDGs 17. Melalui mobilisasi upaya global untuk mengakhiri kemiskinan, mendorong perdamaian, menjaga hak dan martabat semua orang, serta melindungi planet.

“Kondisi perekonomian domestik telah mengalami perbaikan. Ditandai dengan pertumbuhan ekonomi positif pada kuartal pertama 2022 sebesar 5,1 persen,” ujar Airlangga.

Baca juga : Insya Allah, Mudik Lebaran Aman, Gembira Dan Sehat

Komitmen pemerintah dalam mendorong SDGs 17, diharapkan mampu mendorong peran pihak swasta, untuk melakukan kerja sama secara komprehensif. Terutama, yang terkait dengan pendanaan dan pembiayaan SDGs.

Terkait pembiayaan SDGs tersebut, pemerintah Indonesia menerapkan strategi blended financing. Agar dapat memobilisasi dana publik dan swasta, melalui struktur pembiayaan yang inovatif.

Pada akhir sambutannya, Airlangga turut mendorong keterlibatan seluruh pihak. Baik yang berasal dari swasta maupun institusi pemerintah, dalam mendukung strategi pendanaan blended financing tersebut.

Baca juga : Angkasa Pura I Implementasikan Syarat Perjalanan Terbaru Bagi PPLN Di 4 Bandara

“Saya juga turut mengundang seluruh mitra Forum Tri Hita Karana, institusi pemerintah, bank pembangunan multilateral, pelaku keuangan, bisnis, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, filantropi, dan pemangku kepentingan strategis untuk bergabung dengan Global Blended Finance Alliance. Sebagai salah satu terobosan baru dalam strategi pendanaan,” papar Menko Airlangga.

Tri Hita Karana Investors Unite in Diversity merupakan sebuah inisiatif yang diluncurkan di Singapura pada 13 September 2021.

Inisiatif yang didukung oleh Otoritas Moneter Singapura, Kanada, dan OECD ini akan hadir dalam bentuk sebuah aksi Blended Billion for Planetary Health, di KTT G20 Bali, November mendatang.

Baca juga : Di Tengah Perang Ukraina, Puan Minta Konflik Palestina Dan Myanmar Tak Dilupakan

Bersama B20, World Economic Forum, Bloomberg, dan mitra lainnya, Tri Hita Karana akan bergerak untuk pendanaan atau investasi dengan target 30-50 miliar dolar AS. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.