Dark/Light Mode

Bisnis E-Commerce Dan Gopay Makin Kinclong

GOTO Patok Transaksi Kuartal II Capai Rp 150 T

Selasa, 31 Mei 2022 07:30 WIB
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GOTO. (Foto: SHUTTERSTOCK).
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GOTO. (Foto: SHUTTERSTOCK).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GOTO, kemarin merilis laporan kinerja Kuartal I-2022. Semua lini bisnis startup tersebut tercatat mengalami pertumbuhan positif.

Hingga kuartal I-2022, GOTO mencatat Gross Transaction Value (GTV) senilai Rp 140 triliun. Atau naik 46 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Baca juga : Bisnis Indihome Dan Telkomsel Topang Kinerja Telkom Di Awal 2022

GTV merupakan metrik operasional yang mencakup jumlah nilai transaksi dari on-demand services, jumlah nilai produk dan jasa yang tercatat di platform marketplace e-commerce, dan nilai pembayaran yang diproses via platform fintech. Namun, nilai transaksi itu tidak termasuk antar entitas di perusahaan yang dieliminasi saat konsolidasi.

Selain GTV, pendapatan bruto GOTO juga naik sebesar 53 persen menjadi Rp 5,2 triliun. Hal ini seiring monetisasi pada segmen e-commerce dan on-demand yang lebih baik. Serta didorong naiknya mobilitas, pasca pelonggaran kegiatan masyarakat hingga 70 persen dibanding tahun lalu.

Baca juga : Tumbuh Kuat, Transaksi QRIS BNI Capai Rp 297 M

Kemudian, pendapatan bersih mencapai Rp 1,5 triliun atau naik 7,14 persen dari sebelumnya Rp 1,4 triliun. Tahun lalu, pendapatan bruto GOTO tumbuh 45 persen yoy mencapai Rp 17,1 triliun dari Rp 11,85 triliun. Sementara, pendapatan bersih naik 9 persen menjadi Rp 5,30 triliun dari Rp 4,82 triliun.

Laporan kinerja EBITDA (Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization) pada kuartal I-2022 juga menunjukkan perbaikan. Rugi EBITDA turun 14 basis poin menjadi Rp 5,4 triliun dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (kuartal IV-2021) sebesar Rp 6,2 triliun. Hal ini mencerminkan adanya tren penurunan kerugian berkat upaya monetisasi perusahaan yang lebih baik. Serta optimalisasi biaya pengeluaran.

Baca juga : Moncer Di 2021, Transaksi Livin By Mandiri Capai Rp 1.630 T

Chief Executive Officer (CEO) GOTO Andre Sulistyo mengatakan, pengembangan bisnis GOTO terus berkembang di kuartal I-2022. GOTO sukses memanfaatkan momentum pertumbuhan, sekaligus akselerasi efisiensi dan profitabilitas.

“Target kami di kuartal II 2022, guidance-nya GTV diharapkan bisa mencapai di rentang Rp 142 triliun-150 triliun. Pendapatan bruto sebesar Rp 5,3 triliun-5,6 triliun,” papar Andre dalam konferensi pers paparan kinerja GOTO secara virtual, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.