Dark/Light Mode

Bisnis E-Commerce Dan Gopay Makin Kinclong

GOTO Patok Transaksi Kuartal II Capai Rp 150 T

Selasa, 31 Mei 2022 07:30 WIB
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GOTO. (Foto: SHUTTERSTOCK).
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GOTO. (Foto: SHUTTERSTOCK).

 Sebelumnya 
Andre menegaskan, momentum monetisasi tersebut sudah berkembang dengan baik di kuartal I-2022. Oleh sebab itu, pihaknya optimistis, momentum pertumbuhan ini akan berlanjut di kuartal-kuartal mendatang.

“Hasil investasi, efisiensi biaya, menjadi effort kami menekan dana operasional diharapkan terus berlanjut sehingga percepatan peningkatan profitabilitas akan menjadi fokus tim kami,” yakin Andre. Saat ini fokus GOTO, lanjutnya, ada pada monetisasi. Sebab, hal itu berkontribusi pada membaiknya margin EBITDA yang naik 70 basis poin. Selain itu, dari sisi jumlah tahunan, pengguna yang melakukan transaksi sepanjang 12 bulan terakhir, tumbuh 29 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 65 juta pengguna. Yakni, dengan rata-rata pembelanjaan meningkat sebesar 18 persen secara tahunan. Jumlah pesanan (order) tumbuh 41 persen secara tahunan mencapai lebih dari 656 juta pesanan.

Baca juga : Bisnis Indihome Dan Telkomsel Topang Kinerja Telkom Di Awal 2022

“Kami baru bergabung setahun, dan akan terus berinvestasi secara bijak, memperkuat sinergi dengan memperbesar skala ekonomi. Serta meningkatkan efisiensi biaya,” tutur Andre.

Dari sisi fintech (financial technology) dalam ekosistem GOTO, Gopay melesat paling tinggi. Yakni naik 91 persen menjadi Rp 77,31 triliun dari sebelumnya Rp 40,54 triliun. Disusul on-demand naik 39,48 persen menjadi Rp 14,45 triliun dari Rp 10,36 triliun dan e-commerce naik 27,66 persen, menjadi Rp 65,13 triliun dari sebelumnya Rp 51,02 triliun.

Baca juga : Tumbuh Kuat, Transaksi QRIS BNI Capai Rp 297 M

Andre mengatakan, sepanjang 2021, perusahaan secara konsisten menjalankan rencana bisnis dengan baik. Sehingga mampu menghasilkan pertumbuhan di setiap lini bisnis dan peningkatan margin secara keseluruhan.

“Pembentukan GOTO, dari kombinasi Gojek dan Tokopedia, menempatkan kami dalam posisi yang lebih baik lagi untuk melayani konsumen,” ujarnya.

Baca juga : Moncer Di 2021, Transaksi Livin By Mandiri Capai Rp 1.630 T

Seiring dengan komitmen semakin memperdalam integrasi bisnis, sambung Andre, pihaknya mampu meningkatkan efisiensi operasional, menghadirkan peluang bisnis dengan pendekatan multi platform. Serta berinvestasi bagi pertumbuhan dan profitabilitas GOTO. Buntutnya, perusahaan mampu mencetak kinerja yang kuat, dengan didukung oleh sinergi ekosistem.

“Misalnya, kami telah mendorong Gopay menjadi uang elektronik yang paling banyak digunakan di Tokopedia, memperkenalkan penyelarasan status program loyalitas di Gojek dan Tokopedia. Serta mengkonsolidasi sistem poin penghargaan kami, Gopay Coins, di seluruh ekosistem,” jelas Andre.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.