Dark/Light Mode

Gandeng KPK Biar Karyawannya Nggak Korupsi

PLN Cegah Hanky Panky

Kamis, 2 Juni 2022 07:30 WIB
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Dok. Antara).
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Dok. Antara).

 Sebelumnya 
Seperti diketahui, PLN menggandeng KPK menyelenggarakan seminar Bimtek Antikorupsi, Selasa (31/5). Acara ini bertujuan memberikan pemahaman tentang upaya pencegahan korupsi di sektor pelaku usaha.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron memberikan Rompi Anti Korupsi berwarna biru kepada Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. Pada bagian kiri atas pada rompi terdapat logo PLN. Sementara sebelah kanan ada tulisan Berani Jujur Hebat.

Darmawan mengatakan, pihaknya menjadi BUMN pertama di dunia usaha yang aktif melakukan pencegahan korupsi bersama KPK.

Baca juga : KPK-PLN Kolaborasi Cegah Korupsi Bagi Pelaku Usaha

“Kami melakukan berbagai terobosan dalam pencegahan korupsi. PLN dijadikan sebagai percontohan agar nantinya dapat merangsang dunia usaha lain untuk bersih dan bebas dari korupsi,” ujar Darmawan.

Darmawan menegaskan, praktik korupsi pasti menghambat jalannya proses bisnis. Karena, hal itu membuat rangkaian proses pengembangan usaha tidak efektif dan efisien. Karena itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan transparasi dalam proses kerja. Khususnya terkait pelayanan kepada masyarakat.

Ia mencontohkan aplikasi PLN Mobile yang terintegrasi dengan Virtual Command Centre (VCC) dan Pelayanan Teknik (Yantek Mobile). Keduanya mampu meningkatkan penanganan keluhan masyarakat lebih cepat dan transparan.

Baca juga : GDPS Gandeng Markplus Kerek Kualitas Tenaga Kerja

“Misalnya, masyarakat mau pasang listrik baru atau tambah daya bisa langsung di PLN Mobile. Rincian biaya, simulasi hingga pembayaran sudah bisa online. Jadi lebih transparan. Hal ini diharapkan mencegah pungutan liar ataupun gratifikasi kepada pegawai PLN,” bebernya.

Tak hanya itu, jajaran direksi dan level manajemen juga sudah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Sejak 2018 sampai sekarang, tingkat kepatuhan LHKPN sudah mencapai 100 persen.

Selain itu, perseroan memiliki program pengembangan kapasitas bagi pegawai untuk mencegah tindak korupsi. Dengan program ini, ada 30 jajaran manajemen atas yang mendapat sertifikasi ahli pembangun integritas KPK.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.