Dark/Light Mode

Dukung Program TJSL, Bank Mandiri Gelar Pelatihan Fasilitator Rumah BUMN

Kamis, 2 Juni 2022 12:24 WIB
Foto: Dok. Bank Mandiri
Foto: Dok. Bank Mandiri

 Sebelumnya 
"Salah satunya dengan memanfaatkan ekosistem digital. Seperti e-commerce dan sosial media, untuk memperluas akses pasar serta daya saing UMKM lokal," jelas Rudi.

Baca juga : Gandeng BPKP, Bank Mandiri Layani Pengelolaan Keuangan Daerah Secara Digital

Dalam mendukung perkembangan pelaku UMKM, Bank Mandiri juga terus memperkokoh fungsi intermediasi perusahaan. Tercatat, sampai dengan April 2022 total kredit UMKM Bank Mandiri telah mencapai Rp 109,04 triliun atau tumbuh 16,2 persen secara year on year (yoy).

Baca juga : Teman Sandi Gelar Lomba Skateboard Dan Futsal Di Palembang

Hal ini terlihat berdasarkan sektor usahanya, sektor pertanian, perburuan dan sarana pertanian terus mencatat perbaikan. Termasuk sektor lain seperti perdagangan, restoran dan hotel, perindustrian serta jasa. Secara sektoral, bisnis UMKM terus menunjukan pertumbuhan yang konsisten.

Baca juga : Nih, Lima Rekomendasi DTKJ Buat Dishun DKI

"Kami optimis, kondisi ini akan terus berlanjut seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat, serta dukungan pemerintah dan regulator, dalam menopang pertumbuhan UMKM," pungkas Rudi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.