Dark/Light Mode

Forum B20

Kunjungi Kanada, Kadin Tingkatkan Kerja Sama Investasi

Minggu, 5 Juni 2022 17:01 WIB
Kunjungan Kadin Indonesia ke Kanada. (Foto: Dok. Kadin)
Kunjungan Kadin Indonesia ke Kanada. (Foto: Dok. Kadin)

 Sebelumnya 
Di bidang kesehatan global, Kanada memiliki program pendidikan unggulan yang menduduki peringkat 5 dunia untuk perawat atau tenaga kesehatan. Hal ini dapat membantu Indonesia dalam membangun sistem perawatan kesehatan yang lebih baik dengan mengirimkan perawat ke Kanada untuk dilatih. Usai mereka menyelesaikan pelatihan dapat kembali ke Indonesia membawa pengetahuan dan keterampilan.

Sementara itu, dengan agenda transformasi digital, Kanada memiliki departemen penelitian terbaik untuk kecerdasan buatan di University of Toronto, yang baru-baru ini menjalin kerja sama dengan Uber, salah satu layanan transportasi online di Amerika Serikat untuk membuat mobil tanpa pengemudi. Berdasarkan hal tersebut, Indonesia berharap Kanada dapat membantu Indonesia mengintegrasikan kecerdasan buatan dengan sistem yang ada di Indonesia, seperti layanan BPJS Kesehatan.

Baca juga : Kloter Kedua , 3.169 Jemaah RI Diberangkatkan Ke Arab Saudi

Dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak berkontribusi pada polusi jenis apa pun, transisi energi menjadi salah satu agenda yang juga didiskusikan dengan komunitas bisnis di Kanada. Indonesia menyadari sangat perlu untuk mulai bergerak dalam menerapkan energi hijau, seperti yang telah dilakukan sebagian besar negara maju. Namun, mencapai tujuan ini memerlukan anggaran tertentu untuk menciptakan transisi yang adil dan seimbang. Melihat Kanada lebih berpengalaman di bidang ini, Indonesia berharap Kanada dapat membimbing dan membantu terwujudnya transisi ini.

Lebih lanjut, hubungan Indonesia dan Kanada dapat diperluas di luar ketiga agenda tersebut. Saat ini, Indonesia sedang berupaya mencapai kesepakatan dengan Kanada untuk Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA). Perjanjian perdagangan komprehensif antara Kanada dan Indonesia ini akan memfasilitasi peluang baru bagi investasi bisnis Kanada, dengan menghilangkan atau mengurangi berbagai hambatan tarif dan non-tarif serta membangun ekosistem perdagangan dan investasi yang lebih terbuka, transparan dan dapat diprediksi.

Baca juga : Olahraga Di Kawasan CFD, Puan: Lumayan Berkeringat Dan Kena Sinar Matahari

Masih dalam rangkaian kegiatan B20 Roadshow and Bilateral Visit ke Kanada, delegasi Kadin Indonesia juga berkesempatan melakukan pertemuan langsung dengan Wakil Menteri Perdagangan Internasional Kanada David Morrison. Dilanjutkan pertemuan dengan tujuh senator anggota legislatif Kanada, bertempat di Gedung Parlemen Ottawa, Kanada.

Dari hasil pertemuan Kadin Indonesia tersebut, semakin memperkuat komitmen perjanjian kemitraan komprehensif Indonesia-Kanada di bidang perdagangan barang, jasa, investasi serta kerja sama ekonomi. Untuk itu diperlukan tak hanya dukungan Pemerintah, tapi juga peran serta dan dorongan aktif dari sektor swasta serta pelaku usaha dari masing-masing pihak dalam memanfaatkan peluang investasi yang ada. Sehingga kedua negara dapat tumbuh bersama meraih kemajuan dan kesejahteraan ekonomi di masa depan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.