Dark/Light Mode

Stabilkan Harga Migor Curah

Aksi Luhut Ditunggu Agen Dan Pedagang

Rabu, 8 Juni 2022 06:40 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto : Instagram @luhut.pandjaitan).
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto : Instagram @luhut.pandjaitan).

 Sebelumnya 
Banyak kendala yang dihada­pi. Salah satunya tangki penam­pungan migor curah yang sangat minim, bahkan ada wilayah yang tidak punya tangki.

“Agen dan pedagang harus beli toren penampungan kapa­sitas minimal 1.000 liter sampai 1.200 liter,” kata Rosyid.

Baca juga : Ganjar Minta Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur Ditunda, Luhut Setuju

Luhut memastikan harga migor curah bisa turun di kisaran Rp 14 ribu hingga Rp 15 ribu per liter, sesuai instruksi Presiden.

Luhut mengatakan, sejumlah strategi dilakukan Pemerintah untuk menjamin ketersediaan migor, sehingga dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.

Baca juga : Ibra Absen Panjang

“Kami lakukan keseimbangan industri migor dari hulu dan hilir. Kami juga cabut kebijakan larangan ekspor, dan mengubah kebijakan minyak goreng curah dari berbasis subsidi menjadi pemenuhan kewajiban pasar domestik dan kewajiban harga domestik,” jelas Luhut dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (5/6).

Tak hanya itu, Luhut juga bakal mengaktifkan semua sistem digi­talisasi masuk ke dalam aplikasi PeduliLindungi untuk menekan harga migor hingga ke level HET Rp 14 ribu per liter.

Baca juga : Walkot Nonaktif Bekasi Rahmat Effendi Segera Jalani Persidangan

“Kami akan menindak ok­num yang melakukan monopoli dalam distribusi migor curah. Kami akan perbaiki distribusinya,” tegasnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.