Dark/Light Mode

Turun Tipis, Cadangan Devisa RI Mei Capai Rp 1.962,5 T

Rabu, 8 Juni 2022 13:01 WIB
Gedung Bank Indonesia. (Foto: Ist)
Gedung Bank Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Mei 2022 sebesar 135,6 miliar dolar AS atau Rp 1.962,5 triliun. Jumlah ini, turun tipis dibandingkan posisi akhir April 2022 sebesar 135,7 miliar dolar AS atau Rp 1.964,01 triliun.

Baca juga : Tahun Ini, PP Presisi Targetkan Belanja Modal Rp 431 M

“Perkembangan posisi cadangan devisa pada Mei 2022 antara lain dipengaruhi oleh penerimaan devisa migas, pajak dan jasa, serta kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, Rabu (8/6).

Baca juga : Bangun Pabrik Keramik, Trust Trading Indonesia Investasi Rp 1,2 T

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,8 bulan impor atau 6,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Baca juga : CIMB Niaga Raih Pertumbuhan 9,2 Persen Capai Rp 39,75 T

BI menilai, cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.