Dark/Light Mode

Gandeng BUMDes

Indonesia Power Perluas Pemanfaatan FABA di Pandeglang Banten

Kamis, 16 Juni 2022 15:10 WIB
Pemanfaatan FABA dari PLTU Banten 2 Labuan. (Dok. Indonesia Power)
Pemanfaatan FABA dari PLTU Banten 2 Labuan. (Dok. Indonesia Power)

 Sebelumnya 
Direktur Pengembangan Kelembagaan Ekonomi dan Investasi Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa), FX Nugroho Setijo Nagoro menyampaikan pentingnya melakukan kegiatan usaha pemanfaatan Faba secara komprehensif sebagai upaya pengembangan investasi, yang akan membawa dampak pada produktifitas perekonomian dan potensi desa.

Baca juga : Sikat Jagoan Thailand, Jojo Melaju Babak Kedua

“Kegiatan usaha ekonomi melalui Pemanfaatan FABA secara komprehensif dalam pengelolaan usahanya serta pengembangan investasi dari sektor hulu hingga hilir bisa berdampak pada produktifitas perekonomian dan potensi desa,” imbuh FX Nugroho.

Baca juga : Jemaah Haji Indonesia Dapat Menu Rendang Dan Tongseng

Sepanjang tahun 2021, Indonesia Power telah memproduksi sebanyak 1.181.802,30 ton Faba dengan rincian pemanfaatan internal sebanyak 91.204,50 ton dan eksternal sebanyak 932.552,59 ton yang diwujudkan menjadi produk turunan Faba.

Baca juga : Pamitan Ke Ketua MPR, Jelang Terbang Ke Canberra

Selain dapat menghasilkan paving block, batako, dinding panel, FABA juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan material untuk penimbunan dalam reklamasi tambang, substitusi kapur untuk menetralkan air asam tambang bahkan dapat memperbaiki kondisi fisik tanah dan media tanam untuk revegetasi lahan bekas tambang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.