Dark/Light Mode

Injakan Kaki Di Gedung Yang Dibom Rusia

Jokowi Nggak Pakai Rompi Anti Peluru

Kamis, 30 Juni 2022 06:30 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melihat Apartemen Lipky  di kota Irpin, Ukraina yang hancur akibat perang. (Foto: Twitter Jokowi)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melihat Apartemen Lipky di kota Irpin, Ukraina yang hancur akibat perang. (Foto: Twitter Jokowi)

 Sebelumnya 
Namun, sebelum bertemu Zelensky. Jokowi memilih singgah dulu di Kota Irpin, yang jaraknya sekitar 30 kilometer dari Kiev. Di kota ini, Jokowi yang ditemani Wali Kota Irpin, Alexander Grigorovich, melihat reruntuhan Apartemen Lipky yang sudah hangus, tak berbentuk lagi. Wajah Jokowi sedih, menunduk. 

Wali Kota Irpin bercerita penuh haru saat detik-detik  2 rudal Rusia menghantam apartemen ini. Jokowi tambah sedih. Tangan Jokowi berkali-kali menaik turunkan jaket birunya. kemeja putih dan pin garuda di dada kiri Jokowi pun terlihat dengan jelas. 

Nampak dengan jelas, di lokasi itu, Jokowi  tak memakai rompi anti peluru. "Enggak, pak," begitu kata Deputi Bidang Pers dan Media Istana, Bey Machmudin, saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka apakah Jokowi pake rompi anti peluru atau tidak.

Baca juga : Fadel Uraikan Peluang Keberhasilan Jokowi Damaikan Rusia-Ukraina

Sebetulnya, sebelum Jokowi  berangkat ke Ukraina, Paspampres sudah menyiapkan rompi anti peluru, juga helm anti peluru. Ini untuk jaga-jaga keamanan Presiden. Namun, apakah baju dan helm itu akan dipakai Jokowi atau tidak, Jokowi sendiri yang pada akhirnya yang akan memutuskan. Dan, saat melihat reruntuhan apartemen itu, Jokowi memilih memakai baju biasa.

Namun, sekali lagi, Jokowi tak menunjukkan rasa takutnya. Justru dia tak kuasa menahan sedihnya. "Sudah, hentikan perang ini," harap Jokowi dengan lirih.

Ibu Iriana Dipeluk Korban Perang

Baca juga : Jokowi Nggak Takut Mati

Setelah dari Irpin, Jokowi kembali ke Kota Kiev. Masih ditemani Ibu Iriana, Jokowi mengunjungi sebuah rumah sakit di pusat Kota Kiev yang dipakai sebagai tempat merawat para korban perang. Jokowi dan Ibu Iriana berkeliling melihat bangunan rumah sakit dan para korban perang. Ada satu momen haru, saat seorang ibu yang merupakan korban perang tampak memeluk erat Ibu Iriana sambil menangis. 

Pada kesempatan itu, Ibu Negara secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transpalansi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina. 

“Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan komitmen bantuan rekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang,” tulis Jokowi, dalam postingan di Instagram miliknya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.