Dark/Light Mode

MoU Konektivitas RI-Timor Leste Diteken

Jokowi Pede Hubungan Perdagangan Menguat..

Rabu, 20 Juli 2022 06:50 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos-Horta saat berfoto bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/07/2022). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Presiden Jokowi dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos-Horta saat berfoto bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/07/2022). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

 Sebelumnya 
Eks Wali Kota Solo itu mengatakan, rencana pembukaan trayek bus Kupang-Dili memang sudah dimulai. Pertengahan ta­hun lalu, Damri telah melakukan survei pengembangan trayek Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) Kupang-Dili, hingga pengembangan trayek dalam negeri di Kupang.

Tak hanya ALBN, Jokowi juga melihat adanya potensi pengembangan trayek kom­ersial untuk Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) di NTT. Survei tersebut dilaku­kan sebagai tindak lanjut hasil diskusi dengan Bupati Kupang Korinus Masneno.

Baca juga : Teten Dorong Koperasi Bangun Pabrik Minyak Makan Merah

Sedangkan untuk laut, rute kapal Kupang-Dili-Darwin (Australia), belum ada detail lebih lanjut. Lantaran belum ada kesepakatan yang dicapai soal pembukaan rute laut dalam pertemuan keduanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengajak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusa­haan swasta Tanah Air, berpar­tisipas dalam pembangunan di Timor Leste, termasuk di bidang infrastruktur.

Baca juga : Covid-19 Naik Lagi, Jokowi Perintahkan Booster Jadi Syarat Kegiatan Besar

Saat ini, nilai investasi Indo­nesia di Timor Leste mencapai 818 juta dolar AS atau setara Rp 12 miliar. Dengan sektor utama di perbankan, migas dan telekomunikasi.

Sebelumnya, PT ASDP In­donesia Ferry (Persero) berencana membuka rute interna­sional. Salah satunya ke Dili, Timor Leste.

Baca juga : Elektabilitas Meroket Di Litbang Kompas, Perindo: Semangat Berlipat Ganda!

Direktur Utama ASDP In­donesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan, pembukaan rute internasional itu bagian dari menghubungkan kembali kebu­dayaan antarmasyarakat. Terutama di NTT dan masyarakat di Timor Leste, yang masih mempunyai hubungan darah dan budaya.

Selain itu, terealisasinya rute ke Dili akan mendongkrak nilai perdagangan ekspor bagi kedua negara. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.