Dark/Light Mode

Angka Backlog Perumahan Sebesar 11 Juta

SMF Dan PNM Bersinergi Bantu MBR Punya Rumah

Selasa, 2 Agustus 2022 07:30 WIB
Peluncuran Program Pembiayaan Mikro Perumahan Syariah (HOME Syariah) oleh PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). (Foto: Istimewa).
Peluncuran Program Pembiayaan Mikro Perumahan Syariah (HOME Syariah) oleh PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Kita sudah punya beberapa lembaga keuangan yang difokuskan untuk mengatasi masalah backlog ini. Tapi, mereka tidak bisa bergerak sendiri, harus berpartner, saling sinergi,” katanya.

Ia berharap, dengan sinergi tersebut, dapat mendorong pertumbuhan industri perumahan di Indonesia ke depannya.

“Pembiayaan secara syariah bertujuan untuk memperluas pasar keuangan syariah. Saya yakin, mereka bisa dengan mudah mereplikasi programnya dengan bank-bank mitra. Sehingga masyarakat mudah mengaksesnya dan bisa segera memiliki rumah, sekaligus dijadikan sebagai tempat usaha,” katanya.

Sebelumya, PT SMF kembali meluncurkan program kolaborasi untuk pembiayaan mikro perumahan syariah atau HOME Syariah bersama PNM.

Baca juga : Alifudin: CSR Perusahaan Bisa Bantu Penurunan Stunting

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menjelaskan, program tersebut merupakan kolaborasi berkelanjutan lintas BUMN, yang dibuat untuk mendorong berbagai kelompok masyarakat yang membutuhkan pembiayaan perumahan mikro.

“Dalam kondisi saat ini, di mana pandemi belum juga berakhir, program pembiayaan mikro perumahan HOME Syariah diharapkan dapat menjadi pilihan solusi dan jawaban, agar masyarakat dapat bangkit di tengah gejolak ekonomi saat ini,” ungkapnya, melalui siaran pers, Rabu (27/7).

Ia menyampaikan, di tahun sebelumnya, program HOME konvensional dirilis untuk nasabah PNM Mekaar (Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Pada waktu yang sama, juga telah disalurkan secara simbolis pembiayaan HOME syariah kepada 10 nasabah Mekaar.

Ia mengaku, program ini memang ditujukan bagi nasabah syariah untuk pembiayaan mikro, berupa renovasi rumah sekaligus menjadikan tempat atau pendukung usaha.

Baca juga : Aplikasi Gaspol! Permudah Pendaftaran Keanggotaan IMI, dan Berikan Beragam Diskon

“Dengan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkannya, maka dapat mendukung terjaganya stabilitas ekonomi nasional,” harapnya.

Selain itu, lewat program ini, SMF dan PNM juga bersinergi menggerakkan sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dan ultra mikro melakukan usaha di rumah mereka sendiri. Bahkan kolaborasi ini menggunakan prinsip syariah dengan akad mudharabah muqayyadah.

Ia menerangkan, SMF berlaku sebagaishahibul maal dan PNM sebagai mudharib.

Dalam pelaksanaannya, kata dia, akan merujuk pada ketentuan syariat Islam, baik berdasarkan Dewan Syariah Nasional (DSN) maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca juga : Teten Dorong Koperasi Bangun Pabrik Minyak Makan Merah

“HOME syariah ini sebagai pelengkap komitmen kami dalam pelayanan pembiayaan untuk masyarakat non fix income, di samping program HOME konvensional. Sehingga masyarakat dapat memiliki tempat usaha yang mudah dengan pembiayaan terjangkau,” bebernya.

Direktur Operasional PNM Sunar Basuki menambahkan, program HOME Syariah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya nasabah PNM.

“Kami berterima kasih kepada SMF yang telah mendukung dan memberikan nilai tambah kepada nasabah kami,” imbuh Sunar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.