Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mahfud Dan Khofifah Bisa Salip Cak Imin

PKB: Nggak Masuk Akal!

Sabtu, 23 Juli 2022 08:00 WIB
Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid. (Foto: Dok. MPR RI)
Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid. (Foto: Dok. MPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menterengnya nama Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebagai capres dari tokoh Nahdlatul Ulama diragukan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Temuannya nggak ketemu di akalku, suka-suka sajalah,” kata Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Mahfud MD Tegaskan Terorisme Tidak Wakili Agama Tertentu

Pria yang akrab disapa Gus Jazil itu meyakini, hanya Cak Imin lah yang paling jelas mewakili tokoh NU dengan kontribusinya yang jelas lewat PKB. Selain itu, Cak Imin juga cucu muasis alias pendiri NU, KH. Bisri Syansuri. “Bagi PKB, Gus Muhaimin paling jelas NU-nya,” ucapnya.

Diungkapkan, PKB dan kader NU sejauh ini terus bekerja keras untuk mendorong Cak Imin agar dapat bertarung dalam Pilpres 2024. “Kami punya pengalaman politik dan suara 9,69 persen. Partai yang tidak punya modal saja percaya diri maju capres kok. Apalagi Cak Imin yang punya modal. Wajar saja kalau pede,” ujarnya.

Baca juga : Khofifah Bisa Kalahkan Puan

Sementara itu Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengaku, tak heran dengan munculnya nama tokoh-tokoh NU di luar Cak Imin, seperti Mahfud MD dan Khofifah. “Beliau berdua selain tokoh NU, juga sekarang punya jabatan, dan punya ceruk pemilih tersendiri,” kata Pangi kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Kalaupun ada sebagain warga nahdliyin lebih memilih dua tokoh itu ketimbang Cak Imin, banyak faktornya. Pertama, suara elite PKB dan elite PBNU, tidak akan pernah sinkron dengan suara akar rumput nahdliyin.

Baca juga : Gerindra Dan PKB Buka Pintu Koalisi Kebangkitan Raya, Yang Mau Masuk Silakan...

“Pemilih NU yang kader PKB, mayoritas dukung Cak Imin. Nahdliyin di bawah, bisa saja yang terekam adalah Mahfud MD, Khofifah, Gus Yahya bahkan Gus Yaqut. Tergantung basic pemilihnya,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.