Dark/Light Mode

Kadin Kolaborasi Dengan UNDP

Swasta Siap Jadi Mesin Pertumbuhan Ekonomi

Jumat, 22 Juli 2022 06:20 WIB
Salah satu pemanfaatan teknologi terbarukan dalam menghasilkan listrik. (Foto: Istimewa).
Salah satu pemanfaatan teknologi terbarukan dalam menghasilkan listrik. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Badan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Development Programme/UNDP), melakukan aksi bersama memajukan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), melalui peningkatan keterlibatan sektor swasta.

Melalui kerja sama ini, Ka­din dan UNDP akan mempro­mosikan penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan hijau, serta merumuskan pembiayaan untuk aksi iklim dan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga : Lewat Restorasi Lahan, Sang Hyang Seri Siap Sejahterakan Petani

Ketua Umum Kadin Indone­sia Arsjad Rasjid mengatakan, dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU), akan membuka jalan bagi swasta lebih berperan untuk mendu­kung Indonesia mencapai 17 tujuan SDGs, yang tertuang dalam Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030.

“Sektor swasta selalu men­jadi mesin penting pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kini, kami siap menjadi bagian dari solusi pencapaian SDGs,” kata Arsjad dalam keterangannya di Jakarta, kemarin.

Baca juga : ADB Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Jadi 5,2 Persen

Menurutnya, kolaborasi Kadin dengan UNDP juga berpotensi meningkatkan ekosistem untuk agenda pembangunan yang inklusif dan hijau.

Sektor swasta ke depan­nya juga dapat mengakses, menghasilkan pengetahuan dan mendapatkan praktik terbaik, yang sangat dibutuhkan untuk memastikan keberlanjutan.

Baca juga : Titah Presiden Kepada Mentan: Siapkan Kebutuhan Gula Nasional

Arsjad mengatakan, Kadin dan UNDP akan mendorong kontri­busi sektor swasta yang lebih kuat terhadap SDGs dalam inisiatif utama. Misalnya, memfasilitasi investasi hijau pada transisi sek­tor swasta menuju energi bersih. Serta mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi lebih tahan terhadap guncangan bencana sosial dan ekonomi di masa depan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.