Dark/Light Mode

Sampai Tahun 2024

Proyek IKN Nusantara Butuh Modal Rp 43 T

Jumat, 5 Agustus 2022 06:20 WIB
Ilustrasi. Desain Ibu Kota Negara. (Foto: Dok. Kementerian PUPR).
Ilustrasi. Desain Ibu Kota Negara. (Foto: Dok. Kementerian PUPR).

 Sebelumnya 
“Nah, dari semua perkiraan itu, bila ditotal pembiayaan infrastruktur IKN tahun 2022-2024 mencapai Rp 43,730 triliun,” ujar Atyanto.

Sebelumnya, Direktur Jen­deral Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata mengatakan, Kementerian PUPR meminta tambahan anggaran untuk mem­bangun IKN sebesar Rp 5 triliun hingga Rp 6 triliun pada 2023.

Baca juga : Laga Perdana, PSIS Vs RAN Nusantara FC Imbang 1-1

Sebenarnya, Kementerian PUPR sudah mendapatkan alokasi anggaran untuk mem­bangun IKN sebesar Rp 1 triliun pada 2023. Namun, menurut Isa, dana tersebut kurang.

“Kami sedang memproses permintaan Kementerian PUPR. Tambahan dana Rp 1 triliun ini akan digunakan untuk membangun Kawasan Inti Pusat Pemerin­tahan (KIPP) terlebih dahulu di IKN,” terang Isa.

Baca juga : IKN Nusantara Jalan Terus!

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara Made Arya Wijaya mengatakan, pihaknya mengalokasikan Rp 27 triliun sampai Rp 30 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023 untuk membangun IKN.

Dana itu akan digunakan untuk membangun infrastruk­tur dasar, akses jalan, gedung pemerintahan, sarana prasarana pendidikan, sarana prasarana ketahanan, sarana prasarana kesehatan serta sarana prasarana keamanan. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.