Dark/Light Mode

Airlangga Beberin Kinerja Pemerintah Di Ponpes Buntet

Berkat Doa Ulama, Ekonomi RI Ngacir

Senin, 8 Agustus 2022 06:35 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ketika menyampaikan sambutan dalam Haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren 2022 di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (6/08) malam.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ketika menyampaikan sambutan dalam Haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren 2022 di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (6/08) malam.

 Sebelumnya 
Sebelumnya di tempat ter­pisah, Airlangga menyebut, ki­nerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu indikator vital dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional. Menurutnya, tumbuhnya UMKM turut menjadi pemicu peningka­tan kesejahteraan masyarakat melalui ketersediaan kesempatan kerja yang tinggi, serta pendistri­busian pendapatan masyarakat guna pemerataan ekonomi.

Peran penting UMKM tersebut dibuktikan lewat kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang mencapai 60,5 persen. Serta serapan tenaga kerja menca­pai 96,9 persen dari total penyera­pan tenaga kerja nasional.

Baca juga : Airlangga Yakin, Doa Ulama Bisa Bikin Ekonomi RI Tumbuh Stabil 5,2 Persen

Selain itu, UMKM juga ter­bukti resilien (tahan banting) di tengah pandemi. Hal itu terlihat dari peningkatan indeks bisnis UMKM sejak kuartal III-2021 hingga kuartal II-2022.

“Mempertimbangkan berbagai kontribusi tersebut, Pemerintah terus memberikan perhatian penuh untuk mengembang­kan UMKM melalui berba­gai kebijakan,” kata Airlangga saat menyampaikan Keynote Speech secara virtual dalam acara Webinar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada: Kon­tribusi UMKM untuk Pemulihan Ekonomi Nasional-Kolaborasi Multipihak dalam Pemberdayaan UMKM, Sabtu (6/8).

Baca juga : Peluang Resesi Kecil

Menurutnya, pengembangan UMKM menjadi fokus uta­ma Pemerintah sesuai dengan amanat Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

RPJMN ini mengenai penguatan kewirausahaan, UMKM dan koperasi melalui strategi transformasi usaha informal men­jadi formal, transformasi digital, transformasi ke dalam rantai nilai, dan modernisasi koperasi.

Baca juga : Bertemu METI, Airlangga Perkuat Kerja Sama Ekonomi RI-Jepang

“Transformasi formal di­lakukan agar UMKM dapat memperoleh kemudahan terkait akses pembiayaan, pen­dampingan, serta market sup­ply chain dengan cara terdaftar dalam Nomor Induk Berusaha,” tegasnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.