Dark/Light Mode

Airlangga Beberin Kinerja Pemerintah Di Ponpes Buntet

Berkat Doa Ulama, Ekonomi RI Ngacir

Senin, 8 Agustus 2022 06:35 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ketika menyampaikan sambutan dalam Haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren 2022 di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (6/08) malam.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ketika menyampaikan sambutan dalam Haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren 2022 di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (6/08) malam.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan capaian positif kinerja Pemerintah di bidang perekonomian kepada ulama di Cirebon, Jawa Barat. Dibeberkannya, meski ekonomi dunia melambat, ekonomi kita ngacir alias tetap tumbuh.

Airlangga Hartarto mengungkapkan, ekonomi global melambat dan penuh ketidak­pastian. Namun begitu, pemulihan ekonomi nasional semakin menguat pada triwulan II-2022 dengan mencatat pertumbuhan ekonomi 5,4 persen.

Baca juga : Airlangga Yakin, Doa Ulama Bisa Bikin Ekonomi RI Tumbuh Stabil 5,2 Persen

“Sebagai menteri yang menda­pat mandat menangani pandemi Covid-19, saya ingin melihat langsung bahwa pandemi sudah berangsur pulih. Alhamdulillah, berkat dukungan para habaib, ulama dan pondok pesantren, kita menjadi negara yang ber­hasil menangani Covid-19,” kata Airlangga saat memberikan sambutan di acara Haul Al­marhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet di Pondok Pe­santren Buntet Cirebon, Sabtu (6/8) malam.

Dijelaskannya, saat ini dunia sedang dihadapkan pada situasi geopolitik global yang tidak menentu sebagai imbas perang Ukraina-Rusia. Kondisi ini dis­ebut Black Swan, dan memiliki konsekuensi cukup parah.

Baca juga : Peluang Resesi Kecil

Tak cuma itu, ketidakpas­tian global juga dipicu oleh munculnya varian baru Covid-19 dan disrupsi rantai pasok global. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi global melambat hingga 4,1 persen sampai 4,5 persen tahun ini.

Namun, Airlangga optimistis Indonesia bisa melalui tantangan ini dengan baik. Sekalipun harus menggunakan cara dan kebijakan berbeda seperti di negara lain.

Baca juga : Bertemu METI, Airlangga Perkuat Kerja Sama Ekonomi RI-Jepang

“Kami optimistis, pertumbuhan ekonomi RI bisa tetap stabil di angka 5,2 persen. Bahkan, bisa tumbuh 5,4 persen di kuartal II tahun ini. Salah satunya, kar­ena doa para ulama,” kata Ketua Umum Partai Golkar itu.

Pada kunjungan ini, Airlangga didampingi Menteri Perindus­trian Agus Gumiwang Kar­tasasmita, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Agung Laksono, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily dan sejumlah fungsionaris Partai Golkar lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.