Dark/Light Mode

Komit Dukung UMKM Go Global, Shopee Luncurkan Fitur Shopee Pilih Lokal

Selasa, 9 Agustus 2022 14:58 WIB
Komit Dukung UMKM Go Global, Shopee Luncurkan Fitur Shopee Pilih Lokal

 Sebelumnya 
Pembeli produk lokal juga dapat menikmati penawaran menarik yang dihadirkan melalui Festival Pilih Lokal 17.8 dan Festival Kuliner Lokal 17.8. “Kami mengucapkan terima kasih atas sinergi yang terus terjalin dengan berbagai pihak agar bersama dapat menciptakan ekosistem digital yang komprehensif bagi pengusaha lokal,” ujarnya.

Dukungan nyata Shopee terhadap UMKM lokal juga dirasakan oleh kedua seller Shopee yaitu pemilik Monica the Label Monica Kumala dan pemilik Gudang Barang Bandung Agus Ardian.

Monica yang memulai usahanya sejak tahun 2018 ini, telah sukses melakukan ekspor produk kemeja polosnya ke kawasan Asia Tenggara dan kawasan Amerika Selatan. Seperti Malaysia, Vietnam, Thailand hingga ke Brazil.

“Di Shopee saya mengikuti pelatihan dari ada Kampus UMKM Shopee hingga Kampus UMKM Shopee khusus Ekspor di Solo. Hasilnya saya sekarang sudah bisa ekspor puluhan ribu paket per bulan,” ucapnya.

Monica menyebut, pelatihan yang diberikan Shopee sangat mudah dipahami dan relevan dengan masalah yang dihadapi banyak penjual.

Baca juga : Dukung UMKM, ShopeePay Dan ukmindonesia.id Gelar Pelatihan Bisnis Gratis

“Fasilitas seperti studio foto juga saya manfaatkan dan sangat membantu saya menghasilkan materi promosi yang menarik,” ceritanya.

Senada, Agus sejak bergabung di Program Ekspor Shopee, berhasil menjual lebih dari 300 ribu produk tas ke berbagai wilayah di Indonesia dan kini telah mengekspor produk ke sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.

“Ekspor melalui Shopee itu semudah mengirimkan barang ke dalam negeri. Siapa sangka jualan tas kanvas dari Jawa Barat bisa sampai ke seluruh Indonesia bahkan pasar mancanegara. Saya jadi bisa membuka lebih banyak lapangan pekerjaan untuk warga sekitar di desa karena pesanan yang terus meningkat,” ungkap Agus.

Dalam pembaharuan fitur Shopee Lokal ini meliputi tampilan di Laman Utama Aplikasi Shopee. Kanal Pencarian, yang memungkinkan search bar yang memudahkan pengguna. Laman Khusus Kampus UMKM Shopee. Di mana laman tersebut juga terintegrasi dengan fitur pendaftaran bagi pelaku usaha untuk mengikuti pelatihan dan pendampingan di 9 Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.

Selanjutnya Laman Khusus Koleksi UMKM Binaan Shopee. Laman Khusus Program Ekspor Shopee, yang menjadi ruang khusus untuk menampilkan produk pengusaha lokal yang sudah Go Global bersama Program Ekspor Shopee.

Baca juga : Makin Lengkap, Bank Mandiri Luncurkan Fitur Livin’ Sukha

“Laman ini juga terintegrasi dengan fitur pendaftaran bagi pelaku usaha untuk mendaftarkan diri agar dapat menjual produk ke 7 negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin,” jelas Monica.

Terakhir pembaruan Hari Belanja Produk Lokal. Mendedikasikan tanggal 17 setiap bulannya sebagai Hari Belanja Produk Lokal untuk mendorong transaksi produk pengusaha lokal.

Dukungan Berkelanjutan

Komitmen Shopee untuk membantu UMKM diwujudkan melalui dukungan komprehensif, mulai dari pembukaan 9 Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Terdapat pula fasilitas Shopee Center di Jawa Barat dan Pekalongan untuk menjangkau UMKM di kota-kota kecil, hingga Program Ekspor Shopee yang telah berhasil membantu UMKM memperluas pasarnya ke berbagai negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin.

Baca juga : Gandeng Bank DBS, Manulife Luncurkan MiTreasure Whole Life Legacy

Untuk lebih lanjut mendukung pengusaha lokal menjangkau pasar global, Shopee hingga saat ini telah menginisiasi dua program strategis yaitu Shopee x ERIGO dan Shopee Java in Paris.

Selain itu, Shopee juga menyediakan Kurikulum Bisnis Digital untuk melatih 26.000 siswa SMK di Jawa Barat agar siap menghadapi masa depan bisnis digital, serta memberikan dukungan bagi para pegiat UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 melalui program 100 M Shopee. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.