Dark/Light Mode

Sinergi Bareng BNPT dan Densus

Indonesia Power Berdayakan Napiter Manfaatkan Pupuk Berbahan Baku FABA

Kamis, 11 Agustus 2022 20:02 WIB
Indonesia Power manfaatkan Faba dengan menggandeng para mantan narapidana terorisme (napiter) yang tergabung dalam sebuah koperasi Bina Insaf Mandiri, yang merupakan binaan Densus 88 POLRI. (Dok. Indonesia Power)
Indonesia Power manfaatkan Faba dengan menggandeng para mantan narapidana terorisme (napiter) yang tergabung dalam sebuah koperasi Bina Insaf Mandiri, yang merupakan binaan Densus 88 POLRI. (Dok. Indonesia Power)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Power kembali mewujudkan komitmennya dalam memanfaatkan material abu sisa pembakaran Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) atau Fly Ash Bottom Ash (FABA) untuk kesejahteraan masyarakat.

Belum lama ini, melalui PLTU Banten 2 Labuan Operation Maintenance Services Unit (OMU), Indonesia Power manfaatkan Faba dengan menggandeng para mantan narapidana terorisme (napiter) yang tergabung dalam sebuah koperasi Bina Insaf Mandiri, yang merupakan binaan Densus 88 Polri.

Hal ini selaras dengan program Deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi para eks narapidana terorisme oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Baca juga : Bali United Bawa Kekuatan Penuh Ke Makassar

Ini merupakan hal baru namun sangat penting bagi kami, masalah kebangsaan yang fundamental namun erat kaitannya dengan ekonomi dan kesejahteraan sekaligus juga dengan humanisme.

"Kami merasa terlindungi karena adanya dukungan dari BNPT, Densus 88 Polri dan juga dari Mathla’ul Anwar sendiri, karena memberdayakan eks napiter yang mungkin masih ada stigma tertentu di masyarakat ini adalah tantangan baru untuk kami,” ungkap Direktur Utama Indonesia Power M. Ahsin Sidqi saat menghadiri kegiatan bersama BNPT di Yayasan Mathla’ul Anwar, Pandeglang, Banten.

Ahsin menambahkan, pemanfaatan Faba ini merupakan salah satu media untuk mendorong perkembangan Koperasi, UMKM, maupun sejenisnya untuk menjadi penghasil produk turunan Faba.

Baca juga : Dukung EBT, Indonesia Power Pastikan Keandalan Proyek PLTM Lambur 2X4 MW

Baik itu dalam bentuk bahan baku konstruksi, maupun pupuk yang berguna untuk pertanian maupun perkebunan.

"Manfaat Faba ini sangat banyak, selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku konstruksi bangunan, juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk npk organik yang tentunya berguna untuk pertanian maupun perkebunan,” tambah Ahsin.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar menyampaikan upaya pemanfaatan Faba yang melibatkan Eks Napiter ini dinilai tepat sasaran.

Baca juga : Pemerintah Diingatkan Tak Terlena Sanjungan

Karena Indonesia Power yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini mempunyai kewajiban untuk mewujudkan Visi Kepala Negara yang dalam hal ini Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk mewujudkan cita-cita bangsa yaitu berdaulat, mandiri, maju dan tentunya saling bergotong royong.

“Nah untuk konsepnya, kami kerjasamakan dengan mendirikan koperasi, dan mitra yang saat ini sudah berjalan dengan Mathla’ul Anwar ini adalah Indonesia Power. Jadi, kami hanya melanjutkan saja, memformalisasikan hal-hal yang sudah dikerjakan selama ini,” tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.