Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

20 BUMN Masuk Perusahaan Paling Cuan Versi Fortune 

Keren, Transformasi BUMN Erick Thohir Memang Top

Jumat, 12 Agustus 2022 17:04 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Istimewa)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berhasil membuat 20 perusahaan pelat merah masuk dalam 100 perusahaan yang memiliki pendapatan terbesar di Indonesia. Bahkan Pertamina berhasil masuk 500 perusahaan terbesar dunia berdasarkan pendapatannya dalam satu tahun fiskal.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) Wawan Mas'udi menilai, keberhasilan itu menunjukkan adanya pengakuan lembaga global yang independen terhadap hasil kerja keras untuk melakukan transformasi BUMN yang selama ini dijalankan oleh Menteri Erick Thohir.

Dengan masuknya 20 BUMN di Fortune Indonesia 100 dan Pertamina di 500, menunjukkan perusahaan milik negara dapat melakukan peran strategis. Sehingga BUMN tak hanya dicap sebagai perusahaan yang membebani negara. Tetapi sudah menjelma sebagai perusahaan yang bertransformasi sebagai unit usaha yang strategis dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga : 20 BUMN Masuk Daftar 100 Perusahaan Terbesar Fortune Indonesia, Erick Ucapkan Alhamdulillah

Lanjut Wawan, dalam membuat daftar perusahaan yang dapat masuk, Fortune Indonesia maupun Fortune Global memiliki ukuran dan parameter yang sangat profesional.

Bahkan, ketika ada BUMN yang mampu bersaing dengan perusahaan privat multi nasional lain yang masuk di Fortune 100 maupun Fortune 500 menunjukkan bahwa perusahaan BUMN mampu bersaing dengn mereka. Sehingga masuknya perusahaan BUMN dalam jajaran top perusahaan Nasional dan global menjadi bukti dan apresiasi terhadap transformasi BUMN yang saat ini tengah dijalankan oleh Menteri Erick.

"Ini juga menjadi salah satu keberhasilan Menteri BUMN Erick Tohir dalam memimpin transformasi di perusahaan milik Negara. Sehingga yang dilakukan Menteri Erick dapat dibaca sebagai pengakuan global terhadap kesuksesan transformasi BUMN. Sehingga perusahaan BUMN menjadi lebih profesional, berorientasi pada Good Corporate Governance dan pada saat yang bersamaan juga tetap menjaga fungsinya sebagai kepanjangan Negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Wawan.

Baca juga : DTI-CX Ajak Perusahaan Teknologi Kebut Transformasi Digital Indonesia

Namun, tantangan selanjutnya adalah bagaimana BUMN yang sudah masuk Fortune dapat terus bertahan dan memperkuat posisinya. Selain itu, adalah bagaimana BUMN  yang berprestasi tersebut dapat menjadi panutan serta mengangkat BUMN lainnya untuk dapat masuk dalam Fortun 100.

Wawan yakin sekali jika ada BUMN yang bisa masuk dalam Fortune 100 maupun Fortune 500 Global, maka BUMN lainnya sangat mungkin untuk dapat mengikutinya.

"Jika transformasi dan profesionalisme bisa dijalankan di satu BUMN, tentu itu bisa juga dilakukan di BUMN lainnya. Saya berharap Menteri Erick dan jajaran Kementerian BUMN dapat membuat roadmap transformasi BUMN yang tidak hanya teori semata tetapi sudah ada bukti konkritnya. Memang experience dan tantangan masing-masing BUMN berbeda-beda. Namun saya yakin Menteri Erick Thohir dapat mewujudkan itu,"kata Wawan.

Baca juga : AKHLAK Sukses Kebut Transformasi Di BUMN

Wawan berharap Menteri Erick dapat memberikan tantangan baru kepada manajemen BUMN yang sudah berhasil melakukan transformasi. Serta, memberikan penugasan khusus kepada manejemen di perusahaan BUMN yang belum berhasil untuk melaksanakan transformasi. Sebab tujuan transformasi BUMN bukan tertuju pada satu atau dua BUMN saja. Tetapi seluruh BUMN. Sehingga nantinya BUMN yang sehat dapat memberikan kontribusi positif baik bagi Negara dan masyarakat.

"Dengan shortcut tersebut diharapkan transfromasi di perusahaan BUMN yang menjadi target dapat segera terwujud. Sebab salah satu keberhasilan dari transformasi juga ditentukan oleh leadership management-nya. Dengan masuknya manajemen yang sudah terbukti berhasil menjalankan transformasi maka akan dengan mudah dan cepat menangkap peluang bisnis serta menjalankan transformasi BUMN. Tentunya juga harus ada support tertentu," pungkas Wawan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.