Dark/Light Mode

Jaga Daya Saing Lokal

Produk Asing Yang Dijual Online Bakal Diperketat

Kamis, 18 Juli 2019 11:03 WIB
Jaga Daya Saing Lokal Produk Asing Yang Dijual Online Bakal Diperketat

 Sebelumnya 
Deni menjelaskan, pemeriksaan dilakukan dengan dua cara, yakni pemeriksaan barang dan pemeriksaan dokumen. Sejauh dokumen dan barang memenuhi ketentuan, maka tidak masalah.

Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk barang-barang dengan ketentuan yang dikenakan bea masuk sesuai aturan. Sedangkan untuk barang-barang e-commerce yang satuan biasanya dikenakan bea masuk ke Badan Usaha (BU)-nya.

Baca juga : Pertamina Ekspor Smooth Fluid Produksi Kilang Balikpapan Ke Aljazair

“Untuk barang ada dua variabel, yaitu jumlah dan jenis. Kalau jumlah, kalau itu terkait lartas tentunya kita tanya izinnya. Termasuk jenisnya juga apakah terkait lartas atau tidak. Perizinan ini yang keluarkan instansi terkait dalam hal ini ada Kemenperin, Kemendag yang ada kaitannya dengan barang tersebut,” jelasnya.

Sementara , harga barang dan ongkos kirim barang-barang China yang murah di market place bukan ranah dari Bea dan Cukai. Pihaknya hanya mengawasi pengiriman barang luar negeri yang masuk ke Indonesia apakah dikirim secara pribadi atau melalui badan usaha atau non badan usaha (marketplace).

Baca juga : Gandeng Bukalapak, Apkasi Online-kan UKM Daerah

“Terkait ongkos kirim, itu bukan wewenang BC untuk ongkos kirim. Kita biasanya mengatur mengenai marketplace misalnya ebay, yang dikirimnya pribadi ke rumah bukan ke marketplace. Kalau Tokopedia ke dalam negeri kita enggak ada wewenang. Kalau dari luar negeri ke Lazada dan Shopee gitu itu dari terima barang bisa ke badan usaha dan bisa enggak kan,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.