Dark/Light Mode

Tunjangan Hari Raya Cair

Aktivitas Belanja Online Meroket

Selasa, 14 Mei 2019 17:28 WIB
Ilustrasi/I Istimewa
Ilustrasi/I Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Datangnya bulan suci Ramadan menjadi berkah bagi pelaku bisnis online atau e-commerce di Indonesia. Buktinya, aktivitas belanja di platform e-commerce naik signifikan, terutama ketika Tunjangan Hari Raya (THR) sudah cair.

Country Sales & Cooperation Snapcart Indonesia Eko Wicaksono mengatakan, ada peningkatan jumlah pembelanja via e-commerce sebesar 8 persen dibandingkan tahun lalu. “Dalam riset kami, penggunaan THR dalam belanja Ramadan tahun lalu, ditemukan 83 persen responden membelanjakan THR melalui e-commerce,” ujar Eko dalam keterangannya, kemarin.

Adapun alasan pembelanja THR lebih memilih e-commerce pada tahun lalu karena banyaknya tawaran spesial, seperti diskon Ramadan. Lalu bebas ongkos kirim, flash-sale, program cashback, dan program promosi yang pendek (shorttime periodical promotion). Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Snapcart, Shopee masih tetap menempati top brand e-commerce favorite belanja THR dari tahun lalu hingga sekarang. Sekitar 57 persen responden berencana berbelanja di e-commerce ini.

Baca juga : Asyik, Tunjangan Hari Raya PNS Cair 24 Mei

“Alasan responden lebih menyukai berbelanja di Shopee karena ada tawaran promosi, bebas ongkos kirim, harga murah, gratis hadiah, dan ketersediaan produk,” jelas Eko. Di bawah Shoppe, ada Tokopedia. Sekitar 19 persen responden memilih toko online ini untuk menghabiskan THR-nya.

Berikutnya ada Bukalapak dan Lazada dengan masing-masing sembilan responden. Hasil riset Snapcart yang diselenggarakan pada 16-23 April 2019 menemukan, 60 persen responden berencana menggunakannya untuk berbelanja, di mana 91 persen diantaranya melalui e-commerce. Sebagian responden merencanakan menyimpan THR dalam bentuk tabungan (65 persen), serta untuk sedekah atau zakat (45 persen), dan untuk keperluan Lebaran dan mudik (25 persen). Kecenderungan rencana penggunaan untuk berbelanja, lebih tinggi dikalangan perempuan yaitu 64 persen berbanding 54 persen untuk laki-laki.

“Perempuan dan Ibu rumah tangga lebih tertarik membelanjakan THR-nya untuk membeli baju, tas, sepatu dan aksesoris. Berbeda dengan kaum pria yang lebih berminat pada produk digital, gadget, peralatan olahraga dan untuk hobi,” ujar Eko. Makin banyaknya brand ecommerce membuat masyarakat mempunyai banyak pilihan untuk membelanjakan THR.

Baca juga : Belanja Online Bakal Meroket

Produk Digital

Head of Business Development ShopBack Indonesia Yolanda Margaretha mengatakan, daya beli masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun. “Rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan tahun lalu yang mencapai Rp 1,2 juta, meningkat 74 persen dibanding tahun sebelumnya,” ujarnya.

ShopBack juga baru-baru ini melakukan survei terhadap lebih dari 6.500 responden di lima kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar mengenai pola perilaku belanja online saat Ramadan. Lebih dari setengah responden atau 53,5 persen mengaku akan mengalokasi seperempat dari THR yang diterima untuk berbelanja online. Jika dilihat dari data riset ShopBack dalam dua tahun terakhir, responden mulai bijak dalam memanfaatkan THR untuk berbelanja online.

Baca juga : Jelang Hari Jadi ke-42, BGR Logistics Apresiasi Pelanggan Setia

Responden yang memilih mengalokasikan hanya seperempat dari THR mereka untuk belanja online naik 38 persen dari 15 persen di 2017 menjadi 53 persen di 2019. Berdasarkan hasil survei yang sama, beragam promo diskon dan cashback menjadi hal utama yang mempengaruhi responden dalam berbelanja online menjelang dan saat Ramadan, dengan persentase 79,4 persen. Diikuti dengan harga murah (8,4 persen) dan lebih efisien di posisi ketiga dengan persentase 4,5 persen.

Produk fesyen selalu menjadi produk yang sering dibeli responden di platform online pada tiga Ramadan terakhir. Menariknya, produk digital seperti pulsa, paket data, token PLN, dan voucher game menjadi lebih populer dalam dua Ramadan terakhir. Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar mengaku, beragam promo selama Ramadan menjadi pemicu tingginya aktivitas belanja online. “Tingginya minat masyarakat untuk berbelanja tidak terlepas dari gencarnya aktivitas promosi yang dilakukan setiap Ramadan,” ujarnya. (ASI)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.