Dark/Light Mode

Genjot Pasar Ekspor, Kemenkop UKM Aktif Gaet Peritel Global

Selasa, 16 Agustus 2022 20:59 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggaet sejumlah peritel global sebagai agregator, eksportir, sekaligus lembaga riset bagi produk-produk UKM lokal agar mampu menembus pasar ekspor.

Sebut saja kerja sama dijalin mulai dari IKEA, Uniqlo, Lulu Grup hingga marketplace mancanegara seperti Alibaba, Amazon dan lainnya.

Baca juga : Tekan Ancaman Siber, Kemenkop UKM Bentuk Tim Khusus

Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman menyebut, rangking ekspor Indonesia di ASEAN berada di posisi ke-5. Sementara kontribusi UKM terhadap ekspor nasional tahun 2020 sebesar 15,69 persen.

Di ASEAN, porsi ekspor UKM Indonesia mencapai 15,8 persen. Angka ini tercatat lebih rendah dibandingkan Malaysia sebesar 19 persen, Vietnam 20 persen, Filipina 20 persen, Sri Langka 20 persen, dan Thailand sebesar 29,5 persen.

Baca juga : Genjot Sertifikasi, Kemenag Butuh 6.000 Pendamping Produk Halal

“UKM menjadi salah satu sektor yang turut serta berkontribusi pada peningkatan kinerja ekspor Indonesia. Kemenkop UKM terus mendorong pelaku UKM untuk bisa menembus pasar ekspor,” ujar Hanung keterangan resmi, Selasa (16/8).

Ia melanjutkan, beberapa strategi pun dilakukan dalam meningkatkan kontribusi ekspor UKM ini. Di antaranya, KemenKopUKM aktif melakukan identifikasi dan pemetaan potensi produk dan potensi pasar luar negeri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.