Dark/Light Mode

Kuncinya, Kebersamaan

Erick: RI Luar Biasa, Di Tengah Tekanan Besar, Bisa Lolos Dari Krisis

Kamis, 18 Agustus 2022 17:55 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, tema HUT ke-77 Indonesia: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat sangat relevan dengan perjuangan bangsa, dalam menghadapi tantangan yang terjadi saat ini.

Dia bilang, seluruh dunia, termasuk Indonesia kini tengah mengalami tekanan besar akibat pandemi Covid-19, yang berdampak pada sektor kesehatan hingga perekonomian.

"Tetapi, kalau kita lihat kembali apa yang dilakukan Indonesia itu luar biasa. Kita bisa dengan sangat cepat mengantisipasi," ujar Erick di Jakarta, Kamis (18/8).

Pandemi Covid-19 juga terbukti kian memperkuat kerja sama seluruh anak bangsa. Baik yang berada di jajaran pemerintahan, TNI, Polri, alim ulama, dan tentunya masyarakat.

Baca juga : Bukan Singapura, Surya Darmadi Alias Apeng Terbang Ke Indonesia Dari Taiwan

Hal ini menjadi kekuatan utama bangsa, untuk bisa keluar dari tekanan pandemi.

Erick mengatakan, berkat kolaborasi, Indonesia dapat bergerak cepat menyediakan fasilitas kesehatan untuk menangani Covid-19.

"Rezeki anak saleh, kebetulan baru selesai Asean Games, saya dan Pak Menteri Basuki berbicara kepada Pak Presiden untuk penggunaan Wisma Atlet. Sehingga, kita tidak perlu membangun lagi. Saat awal-awal belasan ribu orang mencari tempat penanganan Covid, kita sudah punya RS terbesar waktu itu," lanjut Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) tersebut.

Tak berhenti di situ. Pemerintah juga menugaskan dirinya bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, untuk mencari vaksin Covid-19 hingga ke China dan Inggris.

Baca juga : Tahun Ini, Kementerian ESDM Targetkan 80 Ribu Rumah Tangga Pasang Baru Listrik

Dengan kerja sama yang baik, Indonesia akhirnya mampu mendatangkan vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Menurutnya, BUMN-BUMN di sektor kesehatan, baik farmasi hingga rumah sakit yang didukung BUMN lain, terus berjuang dalam melakukan penanganan Covid-19. Serta melakukan percepatan vaksinasi, dengan program vaksinasi bersama BUMN di sejumlah daerah.

Hal ini menjadi bukti nyata dengan persatuan dan kebersamaan, Indonesia dapat keluar dari krisis.

"Banyak hal yang sudah dilakukan bangsa Indonesia selama 77 tahun ini. Ada kekuatan yang luar biasa. Bagaimana bangsa kita ini, dari krisis ke krisis, terus bersatu," ungkap Erick.

Baca juga : Nggak Cukup Modal Berani, Keterampilan Bicara Di Hadapan Publik Perlu Dipelajari

Kendati begitu, Indonesia tak boleh berpuas diri setelah berhasil melakukan penanganan Covid-19 dengan baik.

Erick menyebut, tantangan hari ini dan ke depan masih akan terus terjadi. Kondisi perubahan iklim yang tidak menentu, mengancam produktivitas sektor pangan, hingga disrupsi digital, yang membuat hilangnya banyak pekerjaan dan jenis usaha.

"Belum lagi dari sektor kesehatan, yang kita tidak pernah tahu, apakah pandemi tidak datang lagi," pungkas Erick. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.