Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Disokong Likuiditas BRI

PNM Sukses Berdayakan Ekonomi 7,1 Juta Nasabah

Jumat, 19 Agustus 2022 07:30 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: Humas BRI).
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: Humas BRI).

 Sebelumnya 
“Kami tidak anti usaha yang besar. Yang besar harus kami dorong juga. Tetapi fondasi itu tidak hanya yang besar saja, nanti dibilang kapitalis,” tegas Erick.

Keberadaan Holding UMi yang lahir sejak September 2021, semakin membuktikan kehadiran negara secara langsung untuk mengangkat ekonomi kerakyatan.

Dia pun mendorong BUMN bekerja sama dengan private sector, swasta, bahkan strategic partner dari luar negeri.

Baca juga : DAMRI Sukses Berangkatkan 66 Ribu Jemaah Haji

“Tetapi harus komitmen dengan ekosistem yang kita bangun atau blueprint kita. Bukan blueprint China atau Amerika. Tetapi harus blueprint Indonesia,” tandasnya.

Menyoal ini, Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan, Holding Ultra Mikro menargetkan bisa melayani 55 juta nasabah untuk diberdayakan hingga 2024.

Upaya BRI untuk go smaller pada sektor ultra mikro tidak lepas dari temuan, bahwa sektor UMKM memiliki multiplier effect yang kuat, bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga : Partai Garuda: Aksi Borong Tiket Bantu Sukseskan Formula E

Ia merinci, sebanyak 99 persen entitas bisnis di Indonesia merupakan UMKM. Dan kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 62 persen.

“Dan yang terpenting adalah sektor UMKM bisa menyerap 97,22 persen tenaga kerja di Indonesia,” tegas Sunarso.

Terpisah, Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto berpendapat, hadirnya Holding UMi sebagai ekosistem yang kuat di segmen usaha tersebut, memang sangat dinanti-nantikan para pelaku UMKM.

Baca juga : Bamsoet Dorong Industri Kendaraan Udara Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Agar ekosistem ini lebih kuat lagi manfaatnya dirasakan UMKM, ke depan, Holding UMi tidak sekadar mengurusi soal penyaluran dana.

“BUMN UMi sebaiknya dapat menghadirkan layanan bagi pelaku usaha, yang memerlukan peningkatan keterampilan, termasuk perluasan bisnis secara online,” kata Eko kepada Rakyat Merdeka.

Lebih jauh ia menilai, integrasi ekosistem untuk ultra mikro dari tiga BUMN tersebut diperkirakan akan mampu mendorong pembentukan sentra UMKM baru yang lebih besar, bahkan hingga di luar Pulau Jawa. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.