Dark/Light Mode

Sasar 1.300 Penerima

UPZ Pupuk Kaltim Gelontorkan Rp 2,4 Miliar Di Semester 1 2022

Sabtu, 20 Agustus 2022 10:58 WIB
Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Foto: Dok. Pupuk Kaltim

RM.id  Rakyat Merdeka - Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ Pupuk Kaltim) telah merealisasikan penyaluran zakat karyawan sebesar Rp 2,4 miliar di  semester I tahun 2022.

Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid mengatakan, pihaknya secara bertahap menyalurkan kepedulian bagi para mustahiq di Kota Bontang dan Kaltim, hingga berbagai wilayah lainnya di Indonesia.

Baca juga : 6.000 Peserta Dan Puluhan UMKM Lokal Siap Ramaikan Mandiri Jogja Marathon 2022

Penyaluran zakat ditujukan pada lima program utama yaitu Kemanusiaan, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Dakwah Advokasi.

Hal ini sesuai arahan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional), yang tertuang dalam Peraturan Baznas Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pendistribusian Zakat.

Baca juga : Pencucian Uang Bupati Puput Tantriana Capai Rp 104,8 Miliar

Hal ini Sekaligus wujud implementasi UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Zakat, dengan tujuan mendapatkan kemanfaatan dari dana zakat yang dikelola dan dikumpulkan. Sejalan dengan aturan tersebut, persentase penyaluran terbagi dalam dua kategori, yakni sebesar 70 persen untuk Kota Bontang dan Kalimantan Timur, serta 30 persen disalurkan secara Nasional melalui Baznas.

"Penyaluran ini menyasar para mustahiq yang memenuhi kategori 8 asnaf penerima zakat, serta menitikberatkan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan," ujar Nur Sahid dalam keterangannya, Sabtu (20/8).

Baca juga : Eagle High Plantations Kantongi Pendapatan Rp 2,3 Triliun Pada Semester I-2022

Ia merinci, penyaluran zakat dengan manfaat terbesar dialokasikan pada bidang pendidikan total senilai Rp 770,6 juta atau 30,2 persen, program kemanusiaan senilai Rp 765,2 juta, lalu program kesehatan Rp 590,4 juta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.