Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mau Buka Peluang Kerja Hingga 4,4 Juta

Sandiaga Andalkan Lima Destinasi Super Prioritas

Selasa, 23 Agustus 2022 06:55 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Dok. kemenparekraf).
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Dok. kemenparekraf).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya membuka peluang kerja sebanyak mungkin. Targetnya, ingin menciptakan lapangan kerja baru dari sektor parekraf sampai 4,4 juta hingga 2024.

Menparekraf Sandiaga Uno meyakini, target ini bakal membantu penyerapan angkatan kerja dan mempercepat pemulihan ekonomi di Indonesia.

“Dari target itu, 1,1 juta lapangan kerja baru diharapkan dapat terbentuk sampai akhir 2022,” kata Sandiaga dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Massa Setia Sandi Ajak Peserta Buat Sabun Cuci

Agar target ini bisa terealisasi, Kemenparekraf membuat berba­gai kegiatan skala nasional dan internasional. Termasuk melak­sanakan sejumlah program yang dapat mencetak lapangan kerja baru bidang parekraf.

“Salah satunya melalui pro­gram Anugerah Desa Wisata In­donesia. Kami berupaya menum­buhkan semangat memunculkan potensi wisata baru dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi bersama seluruh stakeholder,” kata Sandiaga.

Tidak hanya itu, upaya mencetak lapangan kerja baru itu juga dilakukan melalui pengembangan lima destinasi super prioritas. Yaitu, di Danau Toba, Sumatera Utara; Kawasan Candi Borobu­dur, Jawa Tengah; Mandalika, Nusa Tenggara Barat; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; Likupang, Sulawesi Utara.

Baca juga : Kemendagri Apresiasi Antusiasme Pemprov DKI Jakarta

Kemenparekraf juga berkomit­men melakukan pembangunan pariwisata yang merata hingga pelosok Tanah Air, bersamaan dengan pemulihan di Bali.

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam beberapa tahun terakhir, sek­tor ekonomi kreatif Indonesia mampu memberikan kontri­busi hingga melebihi angka Rp 1 triliun per tahun.

Berdasarkan data tersebut, Sandiaga menilai, penyerapan lapangan kerja dari sektor ekonomi kreatif dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan sektor lainnya.

Baca juga : Buka Gelar, El Real Juara Piala Super Eropa

Selain dari sektor parekraf, Sandiaga akan mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya melalui digital marketing.

“Semua produk UMKM akan kita masukkan dalam ekonomi digital,” katanya.

Selain itu, Sandiaga juga siap memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif yang mengalami kendala untuk mengurus segala aspek legalitas dalam rangka memasarkan produknya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.