Dark/Light Mode

Harga Telur Sering Fluktuaktif

BUMN Pangan Didorong Garap Bisnis Perunggasan

Minggu, 28 Agustus 2022 07:30 WIB
Direktur Utama Holding Pangan ID Food, Frans Marganda Tambunan. (Foto: KBUMN).
Direktur Utama Holding Pangan ID Food, Frans Marganda Tambunan. (Foto: KBUMN).

 Sebelumnya 
Ia berharap, baik BUMN maupun Badan Pangan Nasional bisa menjembatani antara sentra-sentra produksi pakan ternak yang surplus dengan daerah yang membutuhkan.

“Mereka bisa berperan untuk menjembatani itu,” imbaunya.

Senada dengan Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Azizah Fauzi, bahwa kenaikan harga telur yang terjadi selama hampir sepekan ini, salah satunya disebabkan tingginya harga jagung internasional, yang merupakan bahan utama pakan ternak.

Baca juga : Gelar `Hari Keberlanjutan`, Maybank Dorong Praktik Bisnis Keberlanjutan Di Semua Sektor Usaha

“Kebutuhan jagung untuk pakan ternak masih membutuhkan impor karena pasokan domestik belum mencukupi kebutuhan ini,” kata Azizah melalui siaran pers yang diterima Rakyat Merdeka.

Berdasarkan data Food Monitor yang dihimpun CIPS dari United States Department of Agriculture (USDA), rata-rata produksi jagung Indonesia sepanjang 2015-2020 hanya mencapai 11,5 juta ton.

Sementara tingkat konsumsi tahunannya, diperkirakan melebihi 12 juta ton. Artinya, kata dia, selisih antara produksi domestik dan kebutuhan ini dipenuhi dengan impor.

Baca juga : Harga Telur Naik, Pak Mendag Diomongin Netizen

“Jika kenaikan harga jagung tidak dapat teratasi segera, Pemerintah dan masyarakat perlu waspada dengan kemungkinan terus meningkatnya harga telur dan komoditas lain, seperti daging ayam dan daging sapi ke depannya,” warning-nya.

Apalagi ketimpangan produktivitas jagung antar wilayah Jawa dan luar Jawa juga merupakan isu yang penting untuk diselesaikan, dalam upaya meningkatkan produktivitas nasional.

Mengingat produktivitas jagung di luar Jawa lebih rendah 13 persen dibanding di Jawa.

Baca juga : Puan Ingatkan Pemerintah Siapkan Rencana Cadangan Hadapi Krisis Pertalite

“Oleh karena itu, peningkatan produktivitas lahan dan petani di luar Jawa, terutama di wilayah dengan produktivitas relatif rendah, harus menjadi fokus perhatian Pemerintah,” imbaunya.

Terpisah, Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan mengatakan, harga telur ayam ras kerap berfluktuasi sepanjang tahun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.