Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Menuju Indonesia Emas 2045

Digitalisasi Sistem Pendidikan Kudu Digenjot

Rabu, 31 Agustus 2022 21:34 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kearney, perusahaan konsultan manajemen global dalam studi terbarunya bertajuk 'Unleashing a digital transformation for equitable, high-quality education' menunjukkan, pemerintah perlu menerapkan sistem pendidikan yang mendukung terciptanya tenaga kerja adaptif, kolaboratif, dan siap dengan perkembangan teknologi di berbagai industri.

Presiden Direktur & Partner Kearney Shirley Santoso mengatakan, digitalisasi sistem pendidikan merupakan langkah yang dapat dilakukan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Menurutnya, inisiatif ini akan memiliki implikasi yang positif bagi kualitas sumber daya manusia.

Baca juga : 6 Perusahaan Besar Teken MoU Dengan 30 Institusi Pendidikan Vokasi

"Digitalisasi di bidang pendidikan akan mendukung akses yang lebih mudah dalam implementasi layanan pembelajaran lebih merata dan mempersiapkan pasokan talenta digital yang berkualitas tinggi. Peningkatan sektor pendidikan juga harus merata tidak hanya di pulau Jawa, tetapi di seluruh negeri," tegasnya, di Jakarta, Rabu (31/8).

Shirley menuturkan, terdapat empat fondasi yang harus dibangun untuk mempercepat transformasi digital dalam sistem pembelajaran di Indonesia.

Pertama, meningkatkan kualitas layanan pembelajaran digital. Peningkatan layanan e-learning dengan fitur yang beragam sangatlah diperlukan.

Baca juga : HNW Ingatkan Pentingnya Keadilan Anggaran Pendidikan Keagamaan

Mewajibkan digitalisasi di semua sekolah dan mengembangkan database pendidikan nasional yang terintegrasi dapat menjadi langkah awal percepatan transformasi digital di sektor pendidikan.

"Singapura adalah salah satu negara yang sudah mengembangkan platform e-learning nasionalnya bernama Singapore's Student Learning Space," ujar Shirley.

Platform ini telah diimplementasikan di setiap sekolah dan menyediakan berbagai sumber berkualitas tinggi yang selaras dengan kurikulum.

Baca juga : Indonesia Siap Migrasi TV Digital Paling Lambat 2022

Singapore's Student Learning Space memiliki spesifikasi produk berstandar tinggi, termasuk pengalaman belajar, tampilan yang ramah pengguna, dan pembelajaran pribadi yang didukung AI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.