Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dorong Pelaku UMKM Genjot Ekspor, LPEI Sinergi Dengan BNI

Kamis, 1 September 2022 09:44 WIB
Foto: Dok. LPEi
Foto: Dok. LPEi

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank berkolaborasi dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI membentuk sinergi kelembagaan dalam meningkatkan kapasitas pelaku usaha berorientasi ekspor khususnya di wilayah Jawa Timur.

Pelatihan tersebut berlangsung di Gedung BNI Surabaya selama tiga hari (23-25 Agustus 2022) dan diikuti oleh 100 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Jawa Timur dengan mayoritas berasal dari sektor usaha industri makanan dan minuman, kerajinan, furnitur hingga garmen.

Baca juga : Kembangkan UMKM Kriya Di Daerah, Kemenkop UKM Sinergi Dengan Dekranasda

Sinergi ini merupakan realisasi dari Perjanjian Kerja Sama antara LPEI dengan BNI yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu (25 April 2022) oleh Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal dengan Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI Maqin U Norhadi dan Direktur Pelaksana Bidang Hubungan Kelembagaan LPEI Chesna F Anwar.

Kerja sama antar dua pihak ini, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas industri kecil dan menengah (IKM) dan UMKM dalam rangka mendorong ekspor nasional melalui pelatihan pendampingan ekspor, yaitu Coaching Program for New Exporter (CPNE).

Baca juga : Dubes Heri Temui Pelaku Usaha RI Bahas Peningkatan Ekspor Ke Jepang

Pelatihan ini membekali para pelaku UMKM dengan berbagai dasar pengetahuan seputar digital marketing, korespondensi dengan calon buyer dari luar negeri, hingga kiat menggali nilai dan manfaat produk yang dimiliki guna meningkatkan nilai tambah produk tersebut.

Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso menyatakan, program CPNE merupakan cerminan yang sejalan dengan komitmen Pemerintah saat ini untuk mendorong UMKM naik kelas.

Baca juga : Kemenperin Genjot Ekspor IKM Perhiasan

"Pelatihan CPNE diluncurkan untuk merespon kebutuhan para pelaku UMKM saat ini yang ingin menembus pasar global namun terkendala dengan akses informasi maupun pelatihan. Untuk itu, CPNE hadir untuk menciptakan eksportir baru dan bankable," ujar Riyani.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.