Dark/Light Mode

PLN UIP Jawa Bagian Barat Kebut Pembangunan SUTET 500 kV Looping Jakarta

Rabu, 7 September 2022 11:30 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Lebih lanjut disampaikannya, proyek SUTET 500 kV Looping Jakarta merupakan rencana pembangunan sangat strategis, yang kini sedang dikejar penyelesaian pembangunannya oleh PLN. Pasalnya, sebagai ibukota negara serta pusat ekonomi, listrik sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Pengerjaan proyek ini akan kami laksanakan secara optimal sehingga dapat segera dioperasikan,” ujarnya.

Baca juga : BNPT Optimalkan Penanggulangan Terorisme Di Yogyakarta

Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini, kata dia, merupakan komitmen PLN dalam mewujudkan keandalan listrik di seluruh negeri. Nantinya, infrastruktur ini tak hanya akan memperkuat pasokan listrik wilayah Jakarta saja, tetapi juga di wilayah Banten dan Jawa Barat.

"Keberadaan infrastruktur ini juga sebagai langkah PLN, dalam memastikan pasokan listrik aman dan andal yang sejalan dengan perbaikan ekonomi yang kini mulai menggeliat kembali," ujarnya..

Baca juga : 19 Paket Proyek Pembangunan IKN Resmi Diteken, Ini Daftarnya

Ia menambahkan, kedua proyek ini nantinya akan menyalurkan energi murah dari pusat-pusat pembangkit yang berada di utara Jawa. Sehingga, diharapkan dapat menurunkan biaya pokok penyediaan tenaga listrik.

Keduanya akan menghubungkan saluran transmisi utara Pulau Jawa yang kemudian akan bergabung dengan saluran transmisi selatan Jawa eksisting.

Baca juga : Pelaku Usaha Pengendalian Hama Minta Kemudahan Perpanjangan Izin Operasional

“Dengan terkoneksinya saluran transmisi utara dan selatan Jawa ini, ditargetkan akan memaksimalkan keandalan listrik Pulau Jawa dan terhindar dari risiko krisis listrik yang dapat mengakibatkan Black Out,”  ujarnya.

Menurutnya mewujudkan listrik terbaik dan andal bukan hanya tugas PLN, namun dibutuhkan sinergi yang baik dari seluruh pihak 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.