Dark/Light Mode

PLN UIP Jawa Bagian Barat Sukses Gelar First Coal Firing And Synchronization Di PLTU Lontar Extension

Rabu, 3 Agustus 2022 10:58 WIB
Foto: PLN UIP Jawa Bagian Barat
Foto: PLN UIP Jawa Bagian Barat

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) melalui Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Barat 1 (UPP JBB 1) sukses melaksanakan First Coal Firing & Synchronization pada proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar Extension Unit #4 pada Kamis (28/7).

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung mengatakan, First Coal Firing & Synchronization merupakan rangkaian setelah keberhasilan tahap first synchronization.

Baca juga : PLN UIP Jawa Bagian Barat Operasikan GI Full Digital Pertama Di Indonesia

Ia menjelaskan, diawali dengan first steam admission pada 26 Mei 2022, dilanjutkan dengan synchronization pada 13 Juni 2022.

"Kini, kami telah berhasil melakukan First coal firing & synchronization pada 28 Juli 2022 tepat pukul 10.11 WIB,” ujarnya, dalam keterangannya, Rabu (3/8).

Baca juga : Program TJSL, PLN UIP Jawa Bagian Barat Buka Lagi Toko Kue Milik Fingertalk

Ia menjelaskan, proyek PLTU Lontar berkapasitas 315 MW (Mega Watt) ini dibangun di Desa Lontar, Kabupaten Tangerang, Banten, dengan menggunakan teknologi Boiler Supercritical.

Tujuannya, untuk meningkatkan efisiensi pembangkitan. Karenanya, keberhasilan UPP JBB 1 dalam mencapai milestone ini merupakan bentuk komitmen perseroan dalam menyediakan pasokan listrik yang andal bagi masyarakat.

Baca juga : PLN UIP Jawa Bagian Barat Pendataan Awal Pembangunan Transmisi SUTT Tigaraksa

“Keberhasilan pada tahapan ini, menjadi keberhasilan milestone proyek pembangkit karena menggunakan batubara kalori rendah dengan nilai kalor (HHV) 4200 kcal per kilogram (kg), yang didatangkan dari Sumatera dan Kalimantan. Sehingga, kami tetap mendukung industri lokal,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.