Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Teken MoU Dengan KONI Pusat, Kemenkop UKM Komit Dukung UMKM Bidang Olahraga

Selasa, 13 September 2022 18:48 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kanan) dan Ketua KONI Pusat Marciano Norman (kedua kiri) seusai penandatangan MoU Pengembangan Produk UKM dalam mendukung Olahraga Nasional Indonesia, di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (13/9). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kanan) dan Ketua KONI Pusat Marciano Norman (kedua kiri) seusai penandatangan MoU Pengembangan Produk UKM dalam mendukung Olahraga Nasional Indonesia, di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (13/9). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menjalin kerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, guna mengembangkan produk UMKM dalam mendukung olahraga nasional.

Kolaborasi antar keduanya yang disepakati dalam bentuk Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) ini meliputi tiga hal pokok. Yaitu, pengembangan industri olahraga berbasis teknologi melalui pembentukan inkubator bisnis bidang olahraga, penumbuhan start up olahraga serta penyusunan blueprint design peralatan olahraga.

Baca juga : Kembangkan UMKM Kriya Di Daerah, Kemenkop UKM Sinergi Dengan Dekranasda

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menegaskan, Kemenkop UKM juga siap dalam membina kapasitas dan kompetensi para atlet yang ingin menjadi pelaku usaha secara professional.

“Saya percaya kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan KONI Pusat ini sangat strategis, melalui peran aktif Koperasi dan UMKM dalam memperkuat ekosistem olahraga di Indonesia,” ungkap Teten dalam sambutannya di acara Penandatanganan MoU Kemenkop UKM dengan KONI terkait Pengembangan Produk UKM dalam mendukung Olahraga Nasional Indonesia, di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (13/9).

Baca juga : U20 Tegaskan Komitmen Dukung Pemerintah Nasional

Ia bilang, olahraga mampu membentuk daya saing suatu bangsa dan kemajuan/prestasi olahraga menunjukkan kemajuan bangsa, sebagai contoh Amerika, Jerman, China dan Jepang. Hal ini disebabkan kemajuan olehraga juga didukung oleh industri olahraga yang kuat di dalam negeri.

“Saya berharap, para startup brand olahraga, UMKM dan koperasi mengambil peluang pada setiap event olahraga. Khususnya dalam penyediaan alat-alat olahraga maupun penunjang kebutuhan olahraga lainnya,” pinta Teten.

Baca juga : Mendag Dorong UMKM Santri Naik Kelas

Dengan pengembangan UMKM di bidang olahraga ini sebut Teten, turut membantu terwujudnya pertumbuhan ekonomi nasional yang diyakini pada 2045 mendatang, Indonesia menjadi negara ke-4 dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi setelah Amerika Serikat maupun China.

“Kita harus jadi leading di bidang ekonomi, termasuk di industri olahraga. Segera kita tindaklanjuti kerja sama ini melalui pembinaan maupun dari sisi pembiayaan. Saya juga sudah minta dengan Pak Hanung untuk dibuat event terkait UMKM olahraga, jadi semua anggota KONI harus pakai produk dalam negeri,” ajaknya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.