Dark/Light Mode

Teken MoU Dengan KONI Pusat, Kemenkop UKM Komit Dukung UMKM Bidang Olahraga

Selasa, 13 September 2022 18:48 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kanan) dan Ketua KONI Pusat Marciano Norman (kedua kiri) seusai penandatangan MoU Pengembangan Produk UKM dalam mendukung Olahraga Nasional Indonesia, di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (13/9). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kanan) dan Ketua KONI Pusat Marciano Norman (kedua kiri) seusai penandatangan MoU Pengembangan Produk UKM dalam mendukung Olahraga Nasional Indonesia, di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (13/9). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Tak hanya itu, Teten juga mengajak KONI bersama-sama memberdayakan mantan-mantan atlet Tanah Air untuk diinkubasi melakukan bisnis alat olahraga yang bisa dikerjasamakan.

“Kami sudah punya ekosistem pembiayaan di mana target 30 persen kredit perbankan untuk UMKM, nanti akan dibantu,” imbuhnya.

Baca juga : Kembangkan UMKM Kriya Di Daerah, Kemenkop UKM Sinergi Dengan Dekranasda

Teten menegaskan, pertumbuhan ekonomi selanjutnya menghadapi tantangan akibat tekanan inflasi dunia. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi perlu mendorong konsumsi rumah tangga khususnya kelompok penghasilan menengah, di antaranya dapat dilakukan dengan menggiatkan kegiatan olahraga dan belanja olahraga.

Ketua KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman turut mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja sama yang dilakukan dengan Kemenkop UKM.

Baca juga : U20 Tegaskan Komitmen Dukung Pemerintah Nasional

Hal ini tegas Marciano, merupakan komitmen dari KONI Pusat yang terdiri dari 34 KONI Provinsi dan 70 cabang olahraganya bertekad menggunakan produk dalam negeri.

“Saya juga mohon dukungannya kepada KemenKopUKM agar diberi ruang untuk mendukung para penggiat industri olahraga di Indonesia, agar bisa maju bersama,” pungkasnya.

Baca juga : Mendag Dorong UMKM Santri Naik Kelas

Tercatat, saat ini pertumbuhan cukup pesat startup bidang olahraga, kebugaran, dan wellness product. Diketahui, industri olahraga terdiri dari tiga kelompok. Yaitu sport performance terdiri dari sekolah olahraga, pusat kebugaran, camp olahraga, olahraga professional dan olahraga alam.

Kemudian sport production/peralatan olahraga seperti peralatan fitness, raket, sepatu, bola, pakaian, otomotif sport. Dan sport promotion, yaitu barang dagangan berupa pakaian, sepatu, topi dan pernak-pernik yang berlogo team, negara atau nama atlet. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.