Dark/Light Mode

Kemenkop UKM Dan BRI Sinergi Dongkrak Rasio Kewirausahaan

Kamis, 15 September 2022 18:44 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (ketiga kiri) dan Wadirut BRI Catur Budi Harto (ketiga kanan) di acara Grand Launching Growpreneur by BRI di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (15/9). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (ketiga kiri) dan Wadirut BRI Catur Budi Harto (ketiga kanan) di acara Grand Launching Growpreneur by BRI di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (15/9). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menjalin sinergi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menghadirkan program Growpreneur by BRI di Smesco Indonesia, guna mendongkrak rasio kewirausahaan Tanah Air hingga 3,95 persen di tahun 2024.

Growpreneur by BRI merupakan wadah yang menghubungkan UMKM dengan industri kreatif, dan infrastruktur digital yang adaptif. Juga sebagai program pemberdayaan komunitas UMKM BRI dan peserta Brilianpreneur.

Baca juga : Kementan Dukung Milenial Kembangkan Cabai Katokkon

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, BRI senantiasa menjadi mitra KemenKopUKM, menjadi garda terdepan dalam menaikkelaskan UMKM Indonesia, serta menciptakan ekosistem komplit yang mengkoneksikan UMKM dengan kewirausahaan.

“Melalui support BRI, saya pribadi optimis dan percaya diri bahwa kita bisa mencapai target kewirausahaan. Karena Pemerintah tak bisa sendiri, perlu ada kerja sama dari semua pihak. Dan memang ini adalah perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam meningkatkan kewirausahaan,” tegasnya dalam acara Grand Launching Growpreneur by BRI di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (15/9).

Baca juga : Kemenpora Dukung BEM-UI Gelar Kompetisi Esports Tingkat Mahasiswa

Teten mencatat, keterlibatan BRI selama ini dalam pengembangan UMKM naik kelas meliputi lima program. Seperti BRIncubator yang menyasar UMKM naik kelas, para wirausaha pemula.

BRI Venture yang tepat bagi wirausaha mapan, pembiayaan KUR untuk UMKM, Brillianpreneur yang menyasar UMKM go global, dan terakhir melalui Growpreneur BRI.

Baca juga : Kemenkop UKM Beberkan 4 Pokok Draf RUU Perkoperasian

“KUR misalnya, BRI mendapat jatah terbesar dalam penyaluran KUR ke UMKM. Tahun depan saya minta supaya plafonnya ditambah jadi Rp 450 triliun. Bahkan kalau perlu 50 persen itu dari perbankan termasuk BRI,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.