Dewan Pers

Dark/Light Mode

Eksklusif Dengan Dirut PT Taspen ANS Kosasih

ASN Makin Mudah Punya Rumah

Kamis, 22 September 2022 07:02 WIB
Direktur Utama Taspen Antonius NS Kosasih (kiri) saat podcast dengan Direktur Utama dan CEO Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana, di Gedung Intermark BSD, Seporng Tangerang Selatan, Kamis (25/8). (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Direktur Utama Taspen Antonius NS Kosasih (kiri) saat podcast dengan Direktur Utama dan CEO Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana, di Gedung Intermark BSD, Seporng Tangerang Selatan, Kamis (25/8). (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Seperti apa cicilan jangka panjang yang dimaksud Taspen? Bukankah setiap bank punya aturan sendiri mengenai kredit perumahan? Mantan Direktur SDM dan Umum PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) itu mengatakan, Taspen bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD). Sehingga, jangka waktu cicilan bisa disesuaikan. Yang penting ada kepastian pembayaran. 

“BPD adalah mitra kami dalam membayarkan manfaat bagi para ASN di Pemerintahan Daerah,” terang mantan Komisaris Utama PT Wika Realty itu.

Bagaimana hitung-hitungannya? Menurut Kosasih, apabila ada ASN memulai kredit perumahan di usia 25 atau 30 tahun, mereka bisa mencicilnya sampai pensiun. Taspen akan menjadi mitra ASN tersebut, sejak aktif hingga pensiun. Bahkan, pensiunnya pun masih dibayarkan lewat Taspen.

Berita Terkait : UMKM Jangan Terus Berada Di Pinggiran

“Jika mereka pensiun di usia 58 atau 60 tahun, sesuai ketentuan. Lalu ditambah lagi pembiayaan pensiunan sampai usia 60 atau 70 tahun. Itu artinya, ada peluang membayar cicilan sampai jangka waktu 40 tahun. Tentu cicilan menjadi sangat rendah dan terjangkau. Pembiayaan ditanggung pihak perbankan, kepastian pembayarannya dijamin Taspen. Sehingga, mereka akhirnya bisa punya rumah, aset yang produktif, bukan konsumtif,” beber Kosasih.

“Bahkan, dengan sistem pembayaran seperti itu, jika dikaji betul, uang muka rumah menjadi sangat rendah. Bahkan nyaris tanpa uang muka,” papar mantan Direktur Keuangan PT Wijaya Karya itu.

Mall Pelayanan Publik

Berita Terkait : Pasien Pertama Cacar Monyet Di Tanah Air Kini Sudah Sembuh, 3 Kontak Eratnya Aman

Program Taspen lainnya, masih banyak. Antara lain, pihaknya sedang mengembangkan pelayanan ASN di mall, bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Birokrasi (PANRB). Telah dibuka 74 mall pelayanan publik, dan Taspen sudah aktif di 40 mall.

“Nasabah tidak perlu datang ke kantor Taspen. Di Mall Pelayanan Publik, Taspen telah menerapkan One Stop Services. Sekali datang urusannya beres,” jelasnya.

Selama pandemi Covid-19, Taspen berinovasi dengan pelayanan yang lebih mendekatkan ke nasabah. Yaitu, menempatkan tim Taspen di kantor Pemda, Pemprov atau Pemkab. Dengan human touch ini, Taspen jadi langsung tahu kebutuhan nasabahnya. Saat ini, jumlah karyawan Taspen di seluruh Indonesia sebanyak 1.550 orang.

Berita Terkait : PKS Tak Kecewa, Malah Bahagia

Taspen juga menerapkan layanan digital untuk memudahkan peserta. Salah satunya, otentikasi melalui smartphone dan mengambil hak pensiun langsung di ATM.

Untuk memudahkan akses layanan pembayaran, Taspen sudah bermitra dengan kios-kios belanja terkenal yang lokasinya ada di mana-mana. Selain itu, 40 tahun bermitra dengan PT Pos Indonesia. Total ada 35 ribu titik di seluruh Indonesia, yang menjadi mitra Taspen saat ini.
 Selanjutnya