Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Ketahanan Pangan & Energi

Perhutani Luncurkan Klon Unggul Jati Dan Kayu Putih

Jumat, 23 September 2022 14:30 WIB
Peluncuran Klon Unggul Jati dan Klon Unggul Kayu Putih Perhutani. (Foto: Ist)
Peluncuran Klon Unggul Jati dan Klon Unggul Kayu Putih Perhutani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhutani meluncurkan Klon Unggul Jati dan Klon Unggul Kayu Putih melalui Perhutani Forestry Institute (PeFI). Ini bagian membangun budaya inovasi guna mendukung program ketahanan energi dan pangan nasional.

Direktur Utama Perum Perhutani, Wahyu Kuncoro menyatakan, produk Klon Unggul Jati dan Kayu Putih ini merupakan hasil penelitian dari Departemen Inovasi dan Riset Perhutani Forestry Institute (PeFI). Klon unggul Jati yang dihasilkan tersebut dikenal dengan istilah Jati Plus Perhutani (JPP). 

Corporate Institute (PeFI) berfungsi sebagai pusat pendidikan, penelitian dan inovasi bagi perusahaan termasuk mengelola riset serta inovasi teknologi dan produk, menciptakan bisnis/produk baru.

“Jati merupakan komoditi utama yang dikembangkan oleh Perhutani dan pemuliaan tanamannya sudah dilakukan sejak tahun 1997. Kami berharap JPP dapat menjadi acuan dalam pengembangan tanaman jati dan menjadi bibit jati terbaik di Indonesia”, jelas Wahyu pada acara Launching Produk Indonesia Plantation and Forestry Research Institute (IPFRI) bertempat di Gedung Agro Plaza, pekan ini.

Baca juga : Dukung Kesehatan Gigi & Mulut, Satu Dental Tawarkan Konsep One Stop Solutions

Selain jati, Perhutani juga mengembangkan minyak kayu putih yang termasuk dalam Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK). “Kebutuhan minyak kayu putih dalam negeri nasional mencapai 1.500 ton/tahun dan produksi dalam negeri hanya sekitar 450 ton/tahun. Peluang pasar untuk produk minyak kayu putih sangat baik”, tambahnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pahala Nugraha Mansury mengatakan, Indonesia perlu menjawab tantangan dalam bidang keamanan energi dan keamanan pangan salah satunya dalam pemenuhan bahan bakar minyak untuk digantikan dengan biomassa serta mendukung ketahanan pangan nasional.

“Harapan kami Perhutani dan PTPN dapat menjawab tantangan tersebut dengan inovasi dari hasil riset yang dilaksanakan oleh IPFRI (Indonesia Plantation and Forestry Research Institute),” tambah Pahala.

Dia menambahkan, melalui IPFRI yang bekerja sama dengan lembaga Pendidikan, Lembaga Riset Pemerintah dan Swasta dapat mencetak para peneliti yang menghasilkan produk-produk inovasi terbaik untuk kemajuan BUMN dan Indonesia. “Kementerian BUMN akan melaksanakan program dalam mengembangkan budaya kerja dan kemampuan melakukan inovasi”, ungkap Pahala.

Baca juga : Tantangan Energi Butuh Solusi Multi Dimensi

Kepala Perhutani Forestry Institute, Budi Shohibuddin menyampaikan, pada 2009 Perhutani telah mendapatkan seritfikat Hak Perlindungan Variates Tanaman (PVT) dari Kementerian Pertanian untuk Jati Plus perhutani (JPP) PHT 1 dan 2. JPP yang merupakan produk PeFI, melalui Departemen Riset dan Inovasi hingga saat ini telah dibudidayakan pada lebih dari 200.000 Ha lahan di wilayah kerja Perhutani.

“PeFi berinovasi untuk terus mencari klon klon unggul untuk keragaman genetik pada komoditas yang diusahakan. Di tahun 2020 kami mendapatkan dua klon yaitu PHT 3 dan 4 dengan keunggulan cepat tumbuh serta memiliki sifat dan performa yang diharapkan mampu diterima oleh pasar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk tanaman Kayu Putih, Perhutani melakukan pemuliaan sejak tahun 2010 dan telah mendapatkan hasil 5 klon unggul dengan keunggulan pada rendeman minyak kayu putih dan menghasilkan biomassa daun kayu putih yang bagus.

Produk klon unggul jati dan kayu putih Perhutani telah mendapatkan sertifikat hak PVT dari kementerian Pertanian. Klon unggul Jati dengan nomor: JPP PHT 3 (Nomor 00501/PPVT/T/2020) dan JPP PHT 4 (Nomor 00502/PPVT/T/2020)

Baca juga : Dukung Perkembangan Anak Indonesia, Tempo Scan Luncurkan Biostime

Kemudian Klon unggul Kayu Putih dengan nomor: Klon 013 (Nomor 00528/PPVT/T/2021), Klon 039 (Nomor 00529/PPVT/T/2021), Klon 040 (Nomor 00530/PPVT/T/2021), Klon 069 (Nomor 00531/PPVT/T/2021), dan Klon 071 (Nomor 00532/PPVT/T/2021).

Program pemuliaan tanaman oleh PeFI bekerjasama dengan beberapa Lembaga Pendidikan yaitu Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) serta instansi penelitian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutananan Balai Besar Pemuliaan dan Bioteknologi Hutan Purwobinangun, Yogyakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.