Dewan Pers

Dark/Light Mode

Peringati Hari Ozon, PPLI Tanam Pohon Di Tepi Sungai Cileungsi

Sabtu, 24 September 2022 11:09 WIB
PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) melakukan kegiatan penanaman pohon di bantaran Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor (22/9). (Foto: Istimewa
PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) melakukan kegiatan penanaman pohon di bantaran Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor (22/9). (Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan pengolah limbah bahan beracun berbahaya (B3), PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) melakukan kegiatan penanaman pohon di bantaran Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor (22/9). Kegiatan ini, dalam rangka memperingati Hari Ozon Internasional.

“PPLI, menyumbang 50 bibit pohon, sebagian besar bibit buah-buahan,” ujar Manager Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) PPLI, Agus Kartiwan di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, Jawa Barat.

Dijelaskan, PPLI berpartisipasi di acara yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor tersebut. Acara ini, juga melibatkan sejumlah perusahaan lainnya serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Berita Terkait : Pertamina Patra Niaga Tanam 200 Pohon Di Bantaran Citarum

"Customer-customer PPLI yang beraktivitas di sepanjang sungai tersebut juga hadir tadi, ikut berperan serta. Kami mendukung Pemerintah Kabupaten Bogor dalam menjaga lingkungan," imbuhnya.

Agus menjelaskan, pihaknya mengapresiasi acara ini. Menurutnya, program ini sejalan dengan komitmen PPLI dalam upaya menjaga lingkungan.

Sebelumnya, perusahaan ini di Juni 2022 juga sempat menggandeng TNI dan Pemprov DKI melakukan program Geber Ciliwung. "Yaitu program kegiatan bersih-bersih Ciliwung, melepas ratusan ekor bibit ikan dan penanaman bibit pohon," ungkapnya.

Berita Terkait : Hari Ini, SIM Keliling Bogor Hadir Di Mall Cileungsi

Kepala DLH Kabupaten Bogor, Ade Yana Mulyana mengatakan, pihaknya menggandeng puluhan perusahaan yang berada di sepanjang jalur Sungai Cileungsi untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Hari ini kita menanam 5.000 bibit pohon untuk 5 Kecamatan, kalau kurang kita akan tambahkan," katanya.

Dirincikan, lima Kecamatan itu antara lain, Kecamatan Babakan Madang, Klapanunggal, Cileungsi, Gunung Putri, dan Kecamatan Citeureup yang notabene adalah kawasan industri.

Berita Terkait : Peringati Hari Pelanggan Nasional, Jajaran Direksi AP II Jadi Frontliner

Ia mengaku, penanaman pohon itu dimaksudkan agar meminimalisir udara kotor dan menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Bogor bagian timur itu.

"Kita mengundang beberapa perusahaan untuk deklarasi supaya komitmen untuk tidak mencemari lingkungan," katanya. ■