Dark/Light Mode

Konkret Dukung Startup

Erick Luncurkan 3 Inisiatif Pendanaan Baru Untuk Ketahanan Pangan, Kesehatan & Energi

Senin, 26 September 2022 21:54 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Jokowi, dalam acara BUMN Startup Day 2022 di Jakarta, Senin (26/9). (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Jokowi, dalam acara BUMN Startup Day 2022 di Jakarta, Senin (26/9). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Mantan Presiden Inter Milan ini menilai, masih banyak peluang sinergi di bidang lain yang perlu ditingkatkan. Misalnya, di bidang agrikultur. Mengingat Indonesia adalah salah satu negara penghasil pangan.

Belum lagi, kalau kita lihat mengenai healthcare. Ekosistem healthcare sangat patut kita isi, karena cakupannya masih 5 persen.

"Kita kembali harus fokus kepada potensi-potensi yang memang menjadi tujuan utama kita sebagai bangsa,” ucap Erick.

Untuk itu, Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Direktur Utama Pertamina, Direktur Utama Bio Farma, Direktur Utama Pupuk Indonesia, dan CEO MDI Ventures meluncurkan tiga inisiatif pendanaan startup baru dari BUMN Group. Yakni Agri Fund (melalui Pupuk Indonesia), Bio-health Fund (melalui Bio Farma), dan Energy Fund (melalui Pertamina NRE).

Baca juga : Tokopedia Luncurkan Alat Pemasaran Paling Efektif

Ketiga inisiatif baru sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045. Dalam hal ini, BUMN berupaya melakukan inovasi dan transformasi dalam menjawab tantangan global untuk mencapai ketahanan pangan, kesehatan, dan energi.

Inisiatif strategis Kementerian BUMN akan berfokus pada 5 prioritas utama. Melalui program investasi dan partnership untuk startup Indonesia. Agar dapat mengoptimalkan nilai dan ekosistem digital yang sehat.

Melalui Agri Fund, Pupuk Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan pupuk dan petrokimia terbesar di Asia, berupaya meningkatkan kesejahteraan petani, mendukung program ketahanan pangan, dan ekspansi bisnis pangan Indonesia.

Bio Farma sebagai holding BUMN Farmasi terbesar di Indonesia meluncurkan Bio-health Fund untuk ketahanan kesehatan. Demi meningkatkan kapabilitas Bio Farma dalam hal inovasi produk life science dan healthcare.

Baca juga : KoinWorks Luncurkan Fitur Pendanaan Bagi UMKM Dengan Profil Risiko

Sebagai subholding Pertamina dalam menjalankan amanah transisi energi, Pertamina NRE membentuk Energy Fund. Demi mendukung ketahanan energi, untuk investasi pada perusahaan rintisan di bidang teknologi dan inovasi sektor energi baru terbarukan.

Sementara MDI ventures, merupakan corporate venture capital milik Telkom Indonesia, yang telah dipercaya mengelola multistage fund, dengan total dana kelolaan sebesar 830 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Melalui MDI, BUMN diharapkan dapat berekspansi lebih cepat, dengan keahlian investasi dan inovasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

Program ini seiring dengan Merah Putih Fund, yang juga berperan penting terhadap perkembangan startup Indonesia, dalam ekosistem bisnis BUMN.

Baca juga : Pelaku Usaha Pengendalian Hama Minta Kemudahan Perpanjangan Izin Operasional

Pelaksanaan tiga inisiatif pendanaan startup ini ditandai dengan penandatanganan Limited Partnership Agreement antara Bio Farma dan MDI Ventures, Head of Agreement Pupuk Indonesia, dan Head of Agreement Pertamina Power Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.