Dark/Light Mode

LandX Buka Akses Pembiayaan Bagi UMKM Mitra Moka Lewat Equity Crowdfunding

Jumat, 30 September 2022 18:06 WIB
Foto: Dok. LandX
Foto: Dok. LandX

 Sebelumnya 
Sebagai pemegang saham, pemodal akan berhak untuk mendapatkan pembagian keuntungan berupa dividen sesuai dengan kinerja pengembangan usaha dari bisnis yang mereka pilih, khususnya bisnis yang sedang berkembang seperti UMKM.

Dengan modal 1 juta, masyarakat bisa ikut merasakan bagaimana menjadi pemilik bisnis dari investasi bisnis yang mereka pilih.

Telah berizin dan diawasi OJK, LandX telah memiliki sekitar 88 ribu investor yang siap berinvestasi terhadap bisnis yang akan listing di LandX, termasuk mitra usaha Moka.

“Sampai saat ini dana kelolaan kami mencapai Rp 230 miliar, hingga akhir tahun ditargetkan bisa menyentuh sampai Rp 1 triliun,” yakin Andika.

Baca juga : Bali United Vs Persebaya, Irfan Jaya Siap Reuni

CEO & Co-Founder Moka Haryanto Tanjo mengatakan, sebagai bagian dari GoTo Financial, Moka terus menjadi mitra pertumbuhan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya, yang salah satunya lewat Moka Capital.

“Kami menyambut baik LandX sebagai platform equity crowdfunding terdepan di Indonesia sebagai partner terbaru dari Moka Capital, dengan semangat yang sama untuk akselerasi pertumbuhan bisnis UMKM lewat akses terhadap layanan keuangan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, kerja sama ini akan membantu lebih banyak UMKM di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya, baik itu membuka cabang baru, melakukan inovasi terhadap produk, maupun memperluas jangkauan pelanggan, hingga dapat terus berkontribusi dalam menggerakkan perekenomian nasional Indonesia.

Sementara, Koordinator Pembiayaan Teknologi Finansial dan Modal Ventura Kemenparekraf/Baparekraf Maman Rahmawan menambahkan, kontribusi UMKM pada perekonomian nasional membuka iklim investasi yang positif dan menjadi faktor utama dalam menjaga eksistensi bisnis berkelanjutan.

Baca juga : Wali Kota Jaksel Resmikan Gerai Samsat di ITC Kuningan

Kerja sama LandX dan Moka, diharapkan semakin membuka akses keuangan bagi pelaku UMKM. Pelaku UMKM tidak perlu bingung lagi terhadap masalah modal usaha sehingga kedepannya ekspansi bisnis mereka dapat di akselerasi, yang akhirnya dapat membuka lapangan pekerjaan.

“Hal ini tentu sejalan dengan misi dan program Kemenparekraf untuk jadikan UMKM sebagai lokomotif pencetakan lapangan kerja di Indonesia,” ungkapnya.

Mitra usaha Moka dapat mengajukan pendanaan melalui layanan Moka Capital yang memfasilitasi beberapa lembaga pendanaan terpercaya yang diawasi oleh OJK.

Setelah penilaian awal, pengajuan tersebut untuk selanjutnya memasuki proses public sale di platform LandX selama 45 hari. Selama proses urun dana (crowdfund) tersebut, investor di LandX dapat menilai kelayakan mitra usaha untuk diberikan pendanaan lebih lanjut.

Baca juga : Buka Akses Pasar Bagi UMKM, Bukalapak Gandeng Grab Dan Emtek

Terdapat beberapa manfaat bagi UMKM untuk menggunakan pendanaan LandX lewat Moka Capital, di antaranya yakni kemudahan bagi mitra usaha Moka dalam mempersiapkan transaksi historis bisnis yang dibutuhkan untuk pengajuan modal.

Tak hanya data transaksi historis bisnis, status pengajuan Moka Capital juga dapat dicek real time oleh pemilik usaha lewat dashboard di back office Moka. Selain itu, akan ada promo eksklusif dari LandX bagi para mitra usaha Moka yang mengajukan pendanaan melalui Moka Capital. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.