Dark/Light Mode

Freeport Kucurkan 33 Juta Dolar untuk Bangun Pusat Olahraga PON 2020

Senin, 29 Juli 2019 12:14 WIB
PT Freeport Indonesia menghabiskan 33 juta dolar AS untuk membangun pusat olahraga di Kabupaten Mimika; Mimika Sports Complex/MSC. (Foto: Antara).
PT Freeport Indonesia menghabiskan 33 juta dolar AS untuk membangun pusat olahraga di Kabupaten Mimika; Mimika Sports Complex/MSC. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Freeport Indonesia menghabiskan 33 juta dolar AS atau sekitar Rp 462 miliar (kurs Rp 14.000/dolar AS) untuk membangun pusat olahraga Mimika Sports Complex di Kabupaten Mimika, Papua, yang akan digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Di pusat olahraga itu, terdapat stadion atletik dengan karpet lari yang diimpor dari Jerman, dan rumput lapangan yang diimpor dari Swiss. "Stadion atletik ini sudah standar Internasional kelas II. Jadi jika pada PON nanti ada rekor Internasional atletik yang terpecahkan maka bisa tercatat resmi, " kata Manajer Urusan Eksternal (External Affairs Manager) Mimika Sports Complex (MSC), Malik A Lukito di Mimika, Papua, Senin (29/7).

Baca juga : Ekspansi Koalisi Durno

Pembangunan MSC menggunakan anggaran tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) Freeport. Pemasangan tiang pancang perdana (groundbreaking) area seluas 12,5 hektar itu dimulai pada September 2013 dan pembangunan selesai pada 2016.

Dalam pusat olah raga itu, terdapat stadion atletik termasuk lintasan lari, gedung olah raga bola basket dalam ruangan dengan kapasitas 5.500 penonton yang di dalamnya terdapat juga area voli, bulu tangkis dan cabang olah raga lainnya di ruangan tertutup.

Baca juga : Sikap Oposisi Sumantri

Untuk area olahraga lainnya dalam PON 2020 yang belum terdapat di MSC, maka akan digelar di area olahraga lainnya di Mimika dan di Stadion Utama Papua Bangkit di Jayapura.

"Sedangkan untuk fasilitas prasarana terdapat asrama putra dan putri dengan kapasitas masing-masing 50 orang lengkap dengan fasilitas wi-fi dan AC. Kemudian gedung penunjang untuk kegiatan atlet, dan ampiteater," pungkasnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.