Dark/Light Mode

Panasonic Produksi 5 Juta AC

Selasa, 30 Juli 2019 13:38 WIB
Presiden Komisaris PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) Rachmat Gobel saat merayakan produksi AC ke 5 juta di Kantor PMI, Jalan Raya Bogor, Selasa (30/7). (Foto: Aditya Nugroho/Rakyat Merdeka)
Presiden Komisaris PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) Rachmat Gobel saat merayakan produksi AC ke 5 juta di Kantor PMI, Jalan Raya Bogor, Selasa (30/7). (Foto: Aditya Nugroho/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) meluncurkan produksi perdana AC kapasitas 2.0 PK dan 2.5 PK yang merupakan relokasi produksi dari Malaysia. Produksi ini juga bertepatan dengan pencapaian produksi AC ke-5 juta set.

Acara peluncuran dan perayaan produksi AC digelar di kantor PMI, Jalan Raya Bogor, Selasa (30/7). Acara dihadiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Presiden Komisaris PMI Rachmat Gobel, dan Direktur Unit Bisnis AC Panasonic Jepang Yoshiaki Sawada.

Baca juga : Agustus, Tambahan Kuota Ekspor Dan Produksi Freeport Diputuskan

Menurut Gobel, investasi ini merupakan upaya nyata dari kelompok Panasonic Gobel untuk terus meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang saat ini telah mencapai sekitar 40 persen untuk produk AC, serta untuk mengurangi impor. Dengan merelokasi kategori AC tersebut akan mengurangi impor produk serupa senilai Rp 300 miliar per tahun.

“Terima kasih kepada bimbingan pemerintah sehingga Panasonic bisa tumbuh berkembang,” katanya.

Baca juga : Panggung Boneka, Edukasi Gizi Bagi Keluarga

Menurut dia, ekspansi pabrik AC Panasonic ini merupakan rangkaian 60 tahun kerja sama Panasonic Gobel yang akan jatuh pada tahun depan. Hal ini juga merupakan momentum bagi Panasonic Gobel untuk memantapkan posisi Indonesia sebagai basis produksi lokal maupun ekspor artinya Indonesia tidak hanya sebagai pangsa pasar potensial.

“Ini bentuk komitmen Panasonic terhadap perkembangan industri elektronika nasional,” ujarnya.

Baca juga : Pertamina Ekspor Smooth Fluid Produksi Kilang Balikpapan Ke Aljazair

Direktur Unit Bisnis AC Panasonic Jepang, Yoshiaki Sawada menyampaikan, faktor utama keberhasilan PT PMI yang telah mencapai produksi AC ke-5 juta set karena kemampuannya dalam terus menjaga dan meningkatkan kualitas AC Panasonic sehingga mendapatkan penghargaan tinggi dari konsumen.

Unit Bisnis AC PMI yang berdiri sejak 45 tahun lalu (1974), saat ini merupakan satu-satunya pabrik AC di Indonesia dengan kemampuan memproduksi secara penuh dari bahan baku hingga produk jadi secara agresif. Saat ini telah tersedia produk-produk AC Panasonic ramah lingkungan berbasis refrigerant R32, dan dilengkapi teknologi “nanoeX” dan “nanoe-G” yang sangat baik untuk kesehatan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.