Dark/Light Mode

Perkuat Ekonomi Domestik

Wisata, Sekolah Dan Berobat Baiknya Di Dalam Negeri Saja

Minggu, 13 November 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah Pemerintah mendorong masyarakat berwisata di negeri sendiri ketimbang ke luar negeri, mendapat sambutan positif. Diharapkan, upaya memperkuat ekonomi domestik tersebut diperluas ke sektor kesehatan dan pendidikan.

Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahardiansyah mendukung upaya Pemerintah menghidupkan kembali sektor pariwisata di dalam negeri. Menurutnya, upaya itu juga diterapkan di sektor-sektor lainnya seperti pendidikan dan kesehatan.

Trubus menuturkan, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang begitu besar. Hal ini bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi domestik.

Baca juga : Kadin: Ekonomi Digital Harus Dibangun Di Atas Digital Trust Yang Kuat

“Programnya sudah bagus. Ajakan itu juga bisa dilakukan untuk mendorong sekolah, termasuk pemeriksaan kesehatan dilakukan di dalam negeri,” ujar Trubus kepada Rakyat Merdeka, belum lama ini.

Apalagi, menurutnya, Pemerintah maupun BUMN telah memiliki program yang mengkombinasikan konsep antara sektor pariwisata dengan kesehatan. Salah satunya, di Bali dengan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Di samping berlibur, kata dia, masyarakat Indonesia yang melancong ke luar negeri memiliki tujuan untuk berobat. Karena fasilitas, infrastruktur dan lainnya dinilai lebih baik ketimbang di Indonesia.

Baca juga : Penguatan Ekonomi Desa, Refleksi Implementasi Tujuan SDGs

“Nah, ini kan mindset orang kita. Jadi, bagaimana potensi yang besar ini bisa diambil oleh Pemerintah,” katanya.

Ia meyakini, BUMN sebagai perpanjangan tangan Pemerintah memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan.

“Harusnya, (BUMN) bisa. Kita lihat banyak yang sudah dilakukan. Mensinergikan aset yang ada untuk mendukung program Pemerintah, baik untuk wisata, pertanian, kesehatan juga sudah ada, terakhir vaksin Covid-19. Yang penting, ada political will, ada concern dari Pemerintah, semua pasti bisa,” tegasnya.

Baca juga : Bikin Obat Dan Vaksin Di Dalam Negeri Saja

Terpisah, Menteri BUMN, Erick Thohir mengungkapkan, saat ini banyak destinasi wisata lokal yang tak kalah hebat dengan yang ada di luar negeri.

Karena itu, ia mengajak masyarakat Indonesia lebih memprioritaskan berwisata di dalam negeri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.