Dark/Light Mode

Dukung PLN Kembangkan EBT

Luhut: Indonesia Siap Sambut Investasi Rp 10 Ribu Triliun

Minggu, 13 November 2022 14:08 WIB
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) bersama Dirut PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: PLN)
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) bersama Dirut PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: PLN)

 Sebelumnya 
Selain itu, PLN juga sudah mengubah perencanaan pembangunan pembangkit batubara sebesar 1,1 GW menjadi berbasis energi bersih dan 880 MW pembangkit batu bara yang dikonversi menjadi berbasis gas.

Baca juga : Pindahkan Markas Ke IKN, LPS Siapkan Investasi Rp 3,8 T

"Kita juga membangun Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL). yang sangat agresif dalam menambahkan EBT sebesar 20.9 GW atau 51.6 persen penambahan pembangkit dari 2021-2030 itu berbasis EBT. Ini adalah RUPTL yang terhijau dalam sejarah PLN maupun dalam sejarah Indonesia," tegas Darmawan.

Baca juga : Seru, Erick Main Tebak Nama Makanan Khas Indonesia Dengan Nesta Dan Terry

Dia menambahkan, pada tahun ini dari upaya tersebut PLN mampu menurunkan emisi hingga 35 juta ton. Namun, jika tidak ada upaya maksimal, emisi karbon bisa mencapai 240 juta ton.

Baca juga : Bahlil: Insya Allah, Investasi Tembus Rp 1.200 Triliun Di Akhir Tahun Ini

"Jadi ini penting sekali bagaimana semua ini bukan hanya dalam satu high level strategy, tapi bisa di translate menjadi operasional yang efektif di lapangan," ujar Darmawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.