Dark/Light Mode

Sukses Jaga Ekonomi, Airlangga Capres Pilihan Anak Muda

Senin, 14 November 2022 15:10 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto dinilai anak muda memiliki karakteristik dan kemampuan kuat dalam menjaga stabilitas ekonomi Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan kesimpulan dari hasil survei lembaga Penelitian Masyarakat Milenial (LPMM) tentang preferensi generasi z dan milenial terhadap partai politik dan tokoh-tokoh calon presiden di Pemilu 2024.

Dukungan suara generasi z dan milenial akan menjadi faktor penting kemenangan pada Pemilu 2024, mengingat besarnya komposisi pemilih dalam kelompok usia ini. Untuk itu menarik dilakukan kajian melalui penelitian untuk mengetahui arah suara dan perilaku generasi milenial dalam perhelatan Pemilu 2024.

Baca juga : UKM Sahabat Sandi Makassar Gelar Pasar Sembako Murah

Koordinator LPMM, Andrey Santoso mengatakan, berdasarkan survei penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) 2020, jumlah keseluruhan generasi milenial yang ada saat ini mencapai 144 juta lebih.

"Dengan jumlah itu, generasi z dan milenial diperkirakan menjadi kelompok pemilih terbesar yang akan mendominasi dalam Pemilu 2024," kata Andrey dalam keterangan persnya yang diterima wartawan di Jakarta, Senin (14/11).

Dalam surveinya, LPMM merilis figur-figur yang sukses bekerja di institusinya masing-masing. Generasi z dan milenial cenderung lebih tertarik dengan figur yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi bangsa. 

Baca juga : Ekonomi Tetangga Lebih Hijau

"Maka hasilnya sebanyak 19,1 persen generasi milenial menjatuhkan pilihan pada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto karena sebagai sosok memiliki karateristik, kemampuan dan pengalaman yang diinginkan oleh generasi milenial sebagai presiden penerus Presiden Jokowi," tutur dia. 

Hal ini sejalan dengan keputusan pemilih dalam menentukan partai yang disukainya. Dalam pertanyaan yang diajukan LPMM, Parpol mana yang akan dipilih jika Pileg digelar pada hari ini, hasilnya generasi z dan milenial lebih dominan memilih Golkar

13,2 persen memilih partai Golkar, PDI Perjuangan 11,8 persen, Gerindra 11,7 persen, PKS 6,7 persen, Demokrat 5,4 persen, PKB 4,2 persen, NasDem 3,1 persen, PAN 2,8 persen, PPP 2,4 persen dan parpol parpol lainya yang dipilih jika digabungkan hanya 3,9 persen. 

Baca juga : Kinerja Ekonomi Moncer Kerek Elektabilitas Airlangga Di Kalangan Pemilih Perempuan

Survei dilakukan di 34 provinsi di Indonesia. Di mana untuk setiap provinsi dipilih secara acak (random) satu kabupaten dan satu kota. Jumlah sasaran diambil menggunakan teknik proportional sampling sehingga kabupaten atau kota yang lebih banyak jumlah sasarannya memiliki jumlah sampel sasaran yang lebih banyak pula.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.