Dark/Light Mode

Kadin Rilis Buku B20 Sustainability 4.0 Awards

Luhut: Jadi Panduan Untuk Pengusaha Transisi Bisnis

Rabu, 16 November 2022 06:30 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjadi penerima pertama buku B20 Sustainability 4.0 Awards besutan KADIN Indonesia. (Foto: Dok. KADIN Indonesia)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjadi penerima pertama buku B20 Sustainability 4.0 Awards besutan KADIN Indonesia. (Foto: Dok. KADIN Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi buku B20 Sustainability 4.0 Awards yang dirilis Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Buku ini merupakan komitmen dunia usaha mendukung pembangunan Indonesia.

Seperti diketahui, peluncuran buku B20 Sustainability 4.0 Awards dilakukan bersamaan dengan digelarnya B20 Indonesia Net Zero Summit 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (11/11). Luhut menjadi orang pertama yang menerima buku ini.

Menurut Luhut, untuk mem­bangun Indonesia yang berkelan­jutan dan ramah lingkungan, dibutuhkan perubahan dalam menggerakkan perekonomian, dengan mengadaptasi praktik berkelanjutan.

Baca juga : Buku B20 Sustainaibility 4.0 Awards Besutan KADIN Dipuji Luhut

“Buku ini akan menjadi panduan bagi perusahaan-perusa­haan Indonesia untuk bertransisi menjadi bisnis yang berkelanjutan,” kata Luhut dalam keterangan resmi Kadin, kemarin.

Eks Menko Polhukam itu mengatakan, buku ini juga men­jadi wadah untuk mengapresiasi seluruh stakeholder. Termasuk para pendaftar yang telah mengajukan upaya keberlanjutan mereka untuk Indonesia yang lebih baik dan lebih sehat.

Luhut sangat mengapresiasi langkah yang diambil Kadin, karena akan mengakui dan menghargai setiap inovasi yang dibuat oleh bisnis dan individu. Demi meningkatkan praktik keberlanjutan inklusif dalam kegiatan mereka.

Baca juga : KADIN Luncurkan Buku B20 Sustainability 4.0 Awards

Terlebih lagi, saat Indonesia sedang memperlihatkan sebagai negara yang punya komitmen tinggi memprioritaskan praktik pembangunan berkelanjutan.

Ketua Umum Kadin Indonesia yang juga Host of B20 Indone­sia Arsjad Rasjid mengatakan, praktik berkelanjutan memiliki banyak manfaat bagi perusa­haan. Misalnya, meningkatkan citra dan reputasi perusahaan, sehingga punya nilai lebih di mata investor.

Selain itu, praktik berkelan­jutan juga dapat membantu pe­rusahaan terus berinovasi serta memiliki dampak positif bagi lingkungan hidup.

Baca juga : Gelar New Journey of TAPG Sustainability, Triputra Agro Komit Jadi Perusahaan Hijau

“Buku B20 Sustainability 4.0 Awards ini membantu me­nyadarkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hingga swasta, betapa pentingnya mengadopsi praktik berkelanjutan,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.