Dark/Light Mode

Kadin Rilis Buku B20 Sustainability 4.0 Awards

Luhut: Jadi Panduan Untuk Pengusaha Transisi Bisnis

Rabu, 16 November 2022 06:30 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjadi penerima pertama buku B20 Sustainability 4.0 Awards besutan KADIN Indonesia. (Foto: Dok. KADIN Indonesia)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjadi penerima pertama buku B20 Sustainability 4.0 Awards besutan KADIN Indonesia. (Foto: Dok. KADIN Indonesia)

 Sebelumnya 
Terlebih, lanjut Arsjad, adanya perubahan iklim yang menjadi perhatian Pemerintah, pelaku usa­ha dan masyarakat, untuk mengu­rangi jejak karbon dan menjadi bisnis yang berkelanjutan.

Tak hanya untuk melestarikan lingkungan, menurut Arsjad, dengan mengadopsi praktik berkelanjutan, juga membuka peluang besar perusahaan terse­but mendapatkan investasi.

“Buku B20 Sustainability 4.0 Awards juga menjadi bukti bahwa perusahaan di Indonesia benar-benar mengimplementa­sikan praktik bisnis berkelanju­tan,” ucap Arsjad.

Baca juga : Buku B20 Sustainaibility 4.0 Awards Besutan KADIN Dipuji Luhut

Chair of B20 Indonesia yang juga Wakil Ketua Umum Koor­dinator Bidang Maritim, Investa­si dan Hubungan Internasional Shinta W Kamdani mengatakan, saat ini dunia sedang mengalami krisis ekologi. Sehingga banyak terjadi bencana sebagai dampak dari perubahan iklim.

“Karena itu, perlu langkah konkret dari pelaku usaha untuk mengadopsi praktik berkelanju­tan,” katanya.

Menurut Shinta, B20 Sustainability 4.0 Awards merupakan awal mula dari perjuangan para pelaku usaha Indonesia un­tuk bertransisi menjadi bisnis berkelanjutan.

Baca juga : KADIN Luncurkan Buku B20 Sustainability 4.0 Awards

Pada dasarnya, upaya transisi bisnis berkelanjutan membutuh­kan kolaborasi yang sinergi antar pelaku usaha Pemerintah serta stakeholder yang lainnya.

Ketua B20 Sustainability 4.0 Awards yang juga Presiden Direktur PT Anugerah Pharmin­do Lestari, Christophe Piganiol, sangat mengapresiasi peluncuran buku B20 Sustainability 4.0.

Menurutnya, buku itu dapat menginspirasi dan meningkat­kan kolaborasi antara stakeholder untuk mengadopsi praktik berkelanjutan.

Baca juga : Gelar New Journey of TAPG Sustainability, Triputra Agro Komit Jadi Perusahaan Hijau

“Buku ini merekam jejak dan kerja keras pelaku bisnis dan in­dividu yang menanamkan praktik berkelanjutan, dengan merangkul masyarakat untuk berpartisi­pasi dalam agenda mereka,” ujar Christophe. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.