Dark/Light Mode

Kredit Ke UMKM Terus Menanjak

BRI Raup Laba Rp 39,31 T

Kamis, 17 November 2022 07:30 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso saat Press Conference Kinerja Keuangan BRI Kuartal III Tahun 2022 di Jakarta (16/11/2022). (Foto: Istimewa).
Direktur Utama BRI Sunarso saat Press Conference Kinerja Keuangan BRI Kuartal III Tahun 2022 di Jakarta (16/11/2022). (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Peran aktif BRI dengan memberdayakan dan mendorong UMKM untuk terus tumbuh, akan membuka dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Mengingat 97 persen lapangan pekerjaan di Indonesia berasal dari segmen UMKM,” katanya.

Dia menegaskan, dengan tantangan yang tidak mudah tahun depan, pihaknya tetap optimistis mampu melakukan ekspansi kredit secara berkelanjutan. BRI menargetkan kredit tahun depan tumbuh di kisaran 9 persen-11 persen.

“Perlu diakui, target ini sangat besar buat BRI. Ini dikarenakan outstanding kredit BRI secara grup sudah mencapai Rp 1.111,4 triliun. Maka untuk mencapai 10 persen saja, BRI harus menumbuhkan kredit Rp 111 triliun,” jelasnya.

Baca juga : Fokus Bisnis UMKM, Laba BRI Terdongkrak Hingga 106,14 Persen Tembus Rp 39,31 T

Ia membeberkan, untuk bisa tumbuh secara berkelanjutan, perbankan membutuhkan empat syarat dan semua telah dipenuhi BRI.

Pertama, BRI telah menyiapkan sumber pertumbuhan baru. BRI sudah memiliki holding ultra mikro sebagai sumber pertumbuhan baru.

Kedua, bank harus memiliki modal yang cukup. BRI secara grup tercatat saat ini memiliki Capital Adequacy Ratio (CAR) sebesar 26 persen dan secara bank only 24 persen.

Baca juga : Mantul, BNI Raup Laba Bersih Rp 13,7 Triliun

“Level CAR kami menunjukkan bahwa BRI punya modal yang berlebih untuk mencapai target pertumbuhan kredit,” yakin Sunarso.

Selanjutnya syarat ketiga, bank harus punya likuiditas yang cukup. Saat ini, likuiditas BRI sangat memadai yang tercermin dari Loan to Deposit Ratio (LDR) secara konsolidasi, yang mencapai 88,51 persen per September 2022. “Sedangkan LDR yang optimal ada di level 92 persen. Sangat cukup untuk memacu pertumbuhan,” katanya.

Keempat, bank harus tumbuh secara sustain dengan menjaga pertumbuhan tersebut secara berkualitas.

Baca juga : Sering Kentut, Tuntut Gerai Makanan Rp 3,6 M

BRI telah memenuhi itu dengan mengelola pencadangan yang sangat besar guna mengantisipasi pemburukan kredit.

Sunarso mengungkapkan bahwa pihaknya melepas akhir tahun 2022 serta menyambut tahun 2023 dengan optimistis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.